Lebih Mengenali Diri Lewat ‘Karma Chakra Yoga’

Luh Devie saat menjadi instruktur dalam 'Karma Chakra Yoga' yang digelar Urban Fitness and Studio, Minggu (7/5).

Luh Devie saat menjadi instruktur dalam ‘Karma Chakra Yoga’ yang digelar Urban Fitness and Studio, Minggu (7/5).

SURABAYA (suarakawan.com) – Masyarakat modern kini sudah mulai menyadari akan pentingnya kesehatan. Tingkat kesadaran untuk mengonsumsi makanan sehat dan olahraga pun luar biasa sekarang. Salah satu olahraga yang banyak dipilih masyarakat perkotaan adalah yoga. Namun sayangnya kebanyakan dari mereka yang melakukan yoga hanya menekankan pada mekanisnya saja. Hal ini seperti diungkapkan Luh Devie, instruktur yoga dari Bali.

“Kebanyakan sekarang ini yang melakukan yoga hanya menekankan pada gerakan saja, mereka hanya mencari keringat tanpa tahu energi dari yoga itu sendiri. Yoga sejatinya adalah mengenali kembali diri sendiri. Sedangkan gerakan hanya satu dari bagian yoga,” terang Luh Devie usai menjadi instruktur dalam ‘Karma Chakra Yoga’ yang digelar Urban Fitness and Studio, Minggu (7/5).

Oleh sebab itu, lanjut Luh Devie, dirinya kerap memberikan ‘Karma Chakra Yoga’. Luh Devie pun mengungkapkan, secara harfiah ‘Karma Chakra Yoga’ merupakan dua bagian yakni ‘Karma Yoga’ dan ‘Chakra Yoga’.

“Karma yoga dilakukan tanpa pungutan biaya. Jadi sebagai instruktur yoga harus sering memberikan karma yang baik. Sedangkan chakra adalah pusat yang penting dari sistem energi tubuh. Chakra tidak dapat dilihat dengan mata biasa, tetapi dapat dirasakan. Ada tujuh chakra yang terdapat dalam tubuh manusia,” jelas wanita yang telah menjadi instruktur yoga sejak 7 tahun silam.

Chakra yoga dapat pula dilakukan sebagai healing, penyembuhan dari dalam tubuh, dan biasanya diselipkan dalam setiap jenis yoga.

Sementara itu Verawaty Budiyanto, Chief Executive Officer Urban Fitness anda Studio mengungkapkan ‘Karma Chakra Yoga’ kali ini diikuti 100 peserta. Mereka tidak hanya datang dari Surabaya tapi juga luar kota Surabaya.

Tingginya animo peserta ‘Karma Chakra Yoga’ diakui Vera sebagai bukti jika yoga menjadi olahraga favorit bagi masyarakat perkotaan.

“Di tempat kita (Urban,red) yoga memang banyak peminatnya. Terdapat tiga jenis yoga disini yakni gentle, hatha, dan power yoga,” ujar Vera. (bng1/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *