Lapindo Raih Pagebluk Award Lagi

Tidak ada komentar 14 views

Konjen Amerika Kristen F. Bauer dan Wakil Walikota Bambang DH Menyerahkan pila kepada SMPN 1 Wonosalam

SURABAYA (suarakawan.com) – Meski digelar secara sederhana, ajang penghargaan bagi pahlawan lingkungan hidup dan perusak lingkungan oleh Komunitas Peduli Lingkungan (KJPL) yang bertajuk Pagebluk Award  berlangsung secara meriah.

Selain dihadiri para pejuang lingkungan di berbagai sektor di Jawa Timur, acara lima tahunan ini dihadiri pakar hukum lingkungan Suparto Wijoyo, Wakil Walikota Surabaya Bambang DH dan Konjen Amerika Serikat Kristen F. Bauer dan peraih Nobel Lingkungan Prigi Arisandi

Sebagai mantan orang nomer satu di Surabaya, Bambang DH mengungkapkan apresiasinya kepada para jurnalis yang masih sempat memikirkan lingkungan ditengah aktivitas menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Saya juga sampaikan bahwa perjuangan menyelamatkan lingkungan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Saya sendiri merasakan bahwa kendala birokasi cukup berat saat meminta kepada pemerintah pusat untuk mengubah fungsi sungai Banyuurip yang semula berfungsi sebagai irigasi untuk menjadi drainase yang lebih tepat bagi lingkungan kota Surabaya. Prosesnya butuh lima tahun lho,” papar Bambang, Kamis (30/06).

Senada dengan Bambang, Kristen menyatakan bahwa penyelamatan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh umat manusia tanpa dibatas sekat negara, etnis maupun agama.

“Komitmen penyelamatan lingkungan juga merupakan komitmen bersama antara Presiden SBY dan Presiden Amerika Barack Obama beberapa waktu silam. Saya sangat mendukung aktivitas seperti ini,” papar Kristen.

Berikut para peraih award penyelamat lingkungan

1. Amirudin – Penjaga sumber mata air Wonosalam, Jombang
2. M Khoirun (Kepala Desa Bendosari Pujon) – penyelamat sumber air dari pencemaran kotoran
3. Kepuh Wonosalam Jombang- pelesatari mata air.
4. MAN Faser dan SMPN 1 Wonosalam- sekolah pelindung mata air.
5. DRS Syamsudin (guru SMKN 1 Driyorejo) – Guru Penyelamat Sumber Air
6. Muhson atau Sony- penyelamat mangrove Pamurbaya.
7. Faiq Asidiqi SH – Pembela Hukum Lingkungan

Berikut Kategori Perusahaan perusak lingkungan
1. PT Alu surya pratama mojokerto (produsen tepung rose brand)
2. PT Lapindo Brantas
3. PT rex caning beji pasuruan

Dalam acara ini, KJPL juga memberikan anugrah Green media massa pada tiga media yaitu harian Surya, Radio Trijaya dan JTV. (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Lapindo Raih Pagebluk Award Lagi"