LAMRI Unair Tolak Pencekalan Mahasiswa Unair

SURABAYA (suarakawan.com) – Pada pelaksanaan registrasi mahasiswa Unair semester gasal tahun ini sudah diwarnai dengan pencekalan puluhan mahasiswa dari beberapa fakultas di Unair. Mereka dipaksa untuk mengundurkan diri menajdi mahasiswa Unair karena kesalahan mekanisme proses akademik.

Hal Ini disampaikan oleh Koordinator Laskar Mahasiswa Republik Indonesia (LAMRI), Angelo Robert. dalam aksinya di depan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unair, Selasa (21/02).

“Dari pengaduan yang kami dapatkan, tercatat sudah ada 20 mahasiswa yang menjadi korban pencekalan,” kata Angelo Robert, koordinator aksi LAMRI.

Menurut Angelo Robert dalam kasus evaluasi akademik mahasiswa semester ini terasa ada keanehan dan keganjilan. Proses akademik semester ganjil ini menurut mereka telah menyalahi Peraturan Rektor Universitas Airlangga nomer 11/H3/PR/2009.

Tertulis dalam pasal 35 bahwa evaluasi hasil studi jenjang D3 dilaksanakan setiap semester genap pada akhir dua tahun pertama dan akhir tahun ketiga. Sedangkan untuk jenjang S1 dilakukan pada akhir tahun kedua dan akhir tahun keempat yang merupakan semester genap.

Bertolak belakang dengan kenyataan yang saat ini terjadi bahwa evaluasi akademik dilakukan pada semester gasal yang jelas jelas belum sampai akhir tahun kedua. “Dalih dari pihak Unair melakukan pencekalan ini adalah mahasiswa korban tidak memenuhi syarat akademik yang ditentukan universitas,” tambahnya.

Oleh karena itu LAMRI dalam aksinya terkait kasus pencekalan akademik menyatakan sikap untuk menolak secara tegas tindakan Birokrasi Unair yang telah mencekal dan memaksan mahasiswa korban mengundurkan diri. Selain itu LAMRI Unair mendesak untuk segera mengembalikan hak berkuliah kepada puluhan mahasiswa yang telah menjadi korban pencekalan. (din/jto)

 Keterangan Foto : Koordinator Laskar Mahasiswa Republik Indonesia (LAMRI), Angelo Robert. saat menunjukkan surat pernyataan pengunduran diri bagi mahasiswa yang terkena cekal akademik. (din)

 

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "LAMRI Unair Tolak Pencekalan Mahasiswa Unair"