Kurtubi: Indonesia Harus Pasok LNG Ke Jepang

Tidak ada komentar 18 views

JAKARTA – Menurut Pengamat Perminyakan Kurtubi, seharusnya pemerintah Indonesia dapat memberikan bantuan Gas Alam Cair (LNG) ke Jepang pada saat ini. Sebab, Jepang tengah tertimpa bencana gempa dan tsunami yang sangat dasyat.

“Nantinya, Jepang akan membayar bantuan tersebut dengan nilai yang cukup tinggi,” ujarnya di Jakarta, Jumat (25/3) kemarin.

Kurtubi menjelaskan, saat ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi Indonesia untuk membantu Jepang. Dengan demikian, dalam jangka pendek, Indonesia dapat membangun infrastruktur yang kondisinya sekarang ini masih sangat minim. Sedangkan manfaat jangka panjangnya, pemerintah dapat memaksimalkan infrastruktur LNG yang telah dibagun dari hasil bantuan Jepang tersebut.

Dia menambahkan, jangan sampai Indonesia didahului oleh Rusia dalam menyanggupi permintaan Jepang. “Soalnya Rusia sudah menyanggupi dan bersiap membuat suatu pipa gas dari Rusia menuju Jepang,” paparnya.

Terkait hal itu, Kurtubi menyarankan, pemerintah dapat menggunakan blok atau LNG dari pulau Natuna dikarenakan cadangan di blok Natuna cukup besar, mencapai 45-55 triliun kubik TCF. Adapun mengenai harga, pemerintah Jepang dapat menyangupi pembelian dengan harga US$ 16 per MMBTU.

Jika dihitung, keuntungan yang didapat per tahun mencapai sekitar Rp 40 triliun. “Jika pemerintah Indonesia siap membantu, maka dalam waktu 30 tahun, pemerintah dapat membuat infrastruktur LNG,” sarannya.

Sebelumnya, Gde Pradnyana Kadiv Humas, Sekuriti dan Formatologi BP migas mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian masih belum menentukan sikap terkait permintaan Jepang untuk membantu memasok gas ke negara itu.

Alasannya, “Pasokan gas untuk kebutuhan lokal masih sangat minim dikarenakan infrastrukturnya belum memadai,” tutupnya. (ko/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kurtubi: Indonesia Harus Pasok LNG Ke Jepang"