Kuartal Pertama, Pendapatan Google Naik 27%

Tidak ada komentar 15 views

Raksasa internet dunia Google Inc kemarin merilis laporan keuangan mereka untuk kuartal pertama (Q1) tahun 2011 yang berakhir 31 Maret. Google berhasil membukukan pendapatan sebesar 8,5 milyar US$ atau naik sebesar 27% jika dibandingkan dengan pendapatan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

“We had a great quarter with 27% year-over-year revenue growth,” kata Patric Pichette, Chief Financial Officer (CFO) Google. “These results demonstrate the value of search and search ads to our users and customers, as well as the extraordinary potential of areas like display and mobile. It’s clear that our past investments have been crucial to our success today–which is why we continue to invest for the long term.” lanjutnya.

Pendapatan Google yang paling besar masih berasal dari website yang dikelola Google sendiri, seperti mesin pencari Google.com, yaitu sebesar 69%. Sementara itu program AdSense menyumbang pendapatan sebesar 28%. Sisanya berasal dari pendapatan internasional.

Dari pendapatan sebesar itu, Google meraih keuntungan bersih sebesar 2,3 milyar US$, sedangkan pada Q1 2010 mereka meraih 1,96 milyar US$. Pendapatan Google ini sedikit lebih rendah dibandingkan hasil analisa para analis keuangan.

Bagaimana kontribusi Android?

Sayangnya laporan keuangan tersebut tidak menyebutkan detail pendapatan Google dari Android. Namun demikian disebutkan sistem operasi untuk mobile device besutan Google itu telah didowonload 50% lebih tinggi dibandingkan Q4 tahun 2010. Artinya saat ini sudah ada 3 milyar instalasi ‘robot hijau’ di seluruh dunia.

Nah, bagi yang berminat menaruh modalnya di Google bisa mencari di bursa saham NASDAQ dengan kode GOOG. (buo)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kuartal Pertama, Pendapatan Google Naik 27%"