Kualitas Pencemaran Udara akan dimasukan Salah Satu Syarat Penilaian Piala Adipura

Uji emisi

SURABAYA (suarakawan.com) – Mulai tahun depan persyaratan memperoleh Adi pura tidak kebersihan sampah saja. Namun kualitas pencemaran udara ini akan dimasukan sebagai salah satu syarat memperoleh Adipura.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kasi Penertiban Dishub Kota Surabaya, Subagio Utomo saat ditemui di sela – sela uji Emisi di Taman Surya Surabaya, Selasa (12/07).

Dikatakannya saat ini kualitas pencemaran udara oleh mobil atau  melalui asap sangat tinggi bisa menyebabkan penyakit sesak napas karena didalam udara tersebut mengandung berbagai zat pencemaran seperti Korbon Monoksida, Oksigen Belerang.

“ Jadi ini kegiatan ini akan juga disosialisasikan kepada masyarakat bahwa pencemaran udara melalui kendaraan sangat bahaya,” terangnya.

Kepala Advokasi air dan Udara Badan Lingkungan Hidup, Fitri mengatakan pemberlakuan ketentuan ini memang bertahap. “Sekarang baru tahap sosialisasi dan pelarangan parkir di tempat khusus.

Karena itu pengenaan sanksi juga secara bertahap mulai sanksi administrasi dan perdata (denda). “Tidak bisa serta merta, sebab masyarakat bisa kagetan bisa menimbulkan gejolak,” kata dia.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor, dimana mengacu pada ketentuan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang dibuat dibawah tahun 2007 ambang batasnya adalah 4,5 persen untuk CO dan HC 1200 ppm.

Sedangkan untuk yang di atas tahun 2007 ambang batasnya 1,5 persen untuk CO dan HC 200 ppm. Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan solar standar ambang batasnya berdasarkan kapasitas.

Untuk mobil dengan tonase kurang dari 3,5 ton yang dibuat dibawah tahun 2010 standarnya 70 persen, dan yang pembuatannya di atas tahun 2010 standarnya 40 persen. Sedangkan kendaraan yang kapasitasnya lebih 3,5 ton untuk yang pembuatannya kurang dari 2010 standarnya 70 persen dan yang pembuatannya di atas tahun 2010 standarnya 50 persen. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kualitas Pencemaran Udara akan dimasukan Salah Satu Syarat Penilaian Piala Adipura"