KRI Banda Aceh 593 Perkuat TNI AL

Tidak ada komentar 19 views

SURABAYA – Jajaran Armada Timur TNI AL kembali menambah kapal perang jenis LPD (Landing Platform Dock) yang dipesan di Dae Sun Shipbuilding Korea Selatan.

KRI Banda Aceh nomor lambung 593 yang merupakan kapal keempat LPD yang dipesan Indonesia dari Korsel, hasil karya para ahli di PT PAL Surabaya.

Sebelumnya kapal LPD yang dipesan Indonesia dari Korsel, yakni KRI Makassar 590 dan KRI Surabaya.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TRI PRASODJO mengatakan KRI Banda Aceh 593 ini adalah kapal kontrak terakhir proyek LPD antara Indonesia dengan Korsel. Kapal ini merupakan kali kedua dari jenis LPD yang dibuat sendiri oleh ahli Indonesia dengan pengawasan ahli dari Korsel.

“Pembuatan KRI Banda Aceh adalah transfer teknologi kepada insdustri strategis kita,” katanya disela-sela acara di dermaga PT PAL Surabaya, Senin (21/3).

Serah terima kapal perang  ini dilakukan dari Dirut PT PAL Harsusanto  kepada pihak Daewoo selaku kontraktor, diteruskan kepada Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro  ke Panglima TNI Laksamana Agus  Suhartono.

Kapal perang ini dirancang khusus mampu membawa senjata 100 mm dan dilengkapi ruang kendali senjata yang memungkinkan kapal melakukan self defence.

Dengan konstruksi lambung ganda, kapal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kapal rumah sakit.

Selain itu, Lambung kapal sepanjang 125 meter ini juga didesain untuk memuat Landing Craft Carrier seperti tank amphibi sebanyak 22 unit, 13 unit tactical vehicle. Juga bisa mengangkut 507 personel, belum termasuk 354 personel troop carrier, 5 unit helikopter, serta bisa berlayar selama 30 hari tanpa henti. (ut/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KRI Banda Aceh 593 Perkuat TNI AL"