Korsel Akan Selidiki Pengumpulan Data iPhone

1 komentar 32 views

SEOUL – Regulator komunikasi Korea Selatan (Korsel) segera menginvestigasi Apple Inc terkait kabar bahwa perangkat iPhone secara diam-diam mengumpulkan data lokasi penggunanya.

AFP melaporkan, Senin (25/4), Komisi Komunikasi Korea telah menanyakan kepada Apple sesering apa pengumpulan dan perekaman data itu dilakukan. Mereka juga mempertanyakan apakah pengguna bisa memilih untuk menyimpan atau menghapus data yang telah dikumpulkan.

Selain itu, Apple juga harus menjelaskan mengapa data tersebut harus disimpan serta apakah data itu disimpan dalam server perusahaan. Komisi itu juga menyatakan siap membentuk tim untuk mempelajari perlindungan informasi dan privasi yang lebih canggih bagi para pengguna smartphone.

Sayang, juru bicara Apple untuk Korsel Steve Park, menolak berkomentar.

Belum lama ini peneliti Inggris mengungkap bahwa sistem operasi iOS 4 untuk iPhone dan iPad 3G mampu mengawasi pergerakan penggunanya dengan menyimpan data koordinat lokasi pengguna. Mereka  mengatakan IOS iPhone 4-terintragasi dengan sel-menara.

Menyusul kabar mengejutkan ini, Apple juga harus menjalani proses investigasi oleh regulator Prancis, Jerman dan Italia. (AFP/iza-ara)

 

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Korsel Akan Selidiki Pengumpulan Data iPhone"