Korea Utara Akan Lucuti Nuklirnya

Tidak ada komentar 6 views

BEIJING (suarakawan.com) – Amerika Serikat dan Korea Utara mengumumkan bahwa Pyongyang akan mengambil langkah-langkah menuju pelucutan nuklir.

Departemen Luar Negeri AS dan Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada hari Rabu (29/02) lalu membuat pengumuman tersebut hampir bersamaan. Pengumuman ini menyusul perundingan pekan lalu di Beijing mengenai persoalan nuklir Korea Utara.

Demikian dikutip NHK, Jum’at (02/02), dalm pemberitaannya Korea Utara mengumumkan pihaknya akan menghentikan uji coba nuklir, penembakan rudal balistik jarak jauh serta pengayaan uranium di kompleks nuklirnya di Nyongbyon. Korea Utara juga akan mengizinkan Badan Tenaga Atom Internasional untuk memeriksa fasilitas-fasilitas negara itu. Sebagai imbalan, AS akan memasok 240.000 ton makanan ke negara tersebut dengan kemungkinan pasokan lebih banyak lagi di masa depan.

“AS menghentikan pasokan bantuan serupa tiga tahun lalu. Korea Utara sangat membutuhkan bantuan pangan besar-besaran untuk rakyatnya guna merayakan peringatan ulang tahun ke-100 pendiri negara mendiang Kim Il Sung di pertengahan April,” jelas Menlu AS Hillary Clinton.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton menyatakan hari Rabu bahwa moratorium nuklir Korea Utara ini merupakan langkah pertama yang simpel tetapi dengan arah yang benar di jalan menuju perdamaian.

Hillary mendesak Korea Utara untuk secara bertahap menerapkan ketentuan-ketentuan yang disepakati dalam kesepakatan itu.

Media resmi Korea Utara mengumumkan hari Rabu malam bahwa moratorium ini akan berlaku hanya jika dialog yang produktif dengan AS terus berlanjut. Disebutkan juga bahwa apabila perundingan enam negara berlanjut, prioritas akan diberikan untuk membahas pencabutan sanksi-sanksi dan penyediaan reaktor-reaktor air ringan ke Korea Utara.(NHK/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Korea Utara Akan Lucuti Nuklirnya"