Korban Lumpur Lapindo Tak Hanya Masalah Tanah

Tidak ada komentar 6 views

rumah warga yang terendam lumpur

SIDOARJO (suarakawan.com) – Masalah lumpur Lapindo menurut Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa timur, tidak hanya sekedar persoalan ganti rugi warga yang hingga kini belum terbayar lunas, namun juga mengenai banyak hal terkait kesehatan, pendidikan, kerusakan lingkungan hidup serta ekonomi yang terdampak.

Direktur Eksekutif Walhi Jatim, Bambang Catur Nusantara mengatakan, kerugian akibat dampak lumpur Lapindo telah merugikan banyak warga tidak hanya di sekitar area wilayah terdampak, tetapi juga sudah meluas ke area yang lebih jauh.

“Dibidang kesehatan, dampak lumpur Lapindo telah merugikan banyak warga. Ini terkait udara yang dihirup, serta kelayakan kualitas air tanah, sungai maupun lingkungan,” papar Bambang Catur Nusantara.

Penelitian yang dilakukan Walhi Jatim pada perwakilan warga yang tinggal di desa-desa sekitar tanggul lumpur menyebutkan, telah terjadi kondisi abnormal pada 75 persen responden atau sample yang di teliti.

“Selain udara, air dan tanah tercemar logam berat seperti besi dan mangan, dalam jumlah yang melebihi ambang baku,” ujar Bambang Catur yang menyebutkan Desa Glagaharum dan Besuki merupakan desa yang dijadikan contoh penelitian.

Walhi Jatim meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah yang tepat untuk menyelamatkan warga dengan merujuk pada kondisi yang ada saat ini.(PetrusR/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Korban Lumpur Lapindo Tak Hanya Masalah Tanah"