Komisi C Alpa Pengawasan Proyek Pengadaan Pemkot Surabaya

Agus Darsono, Komisi C DPRD Surabaya

SURABAYA (suarakawan.com)-Kinerja Komisi C DPRD Surabaya dapat dinilai cukup bangus. Terbukti selama ini Komisi C sangat rajin mengadakan sidak (inspeksi mendadak) terhadap proyek-proyek fisik yang didanai APBD kota Surabaya.

Namun sayang, pengawasan tersebut tidak terjadi pada berbagai proyek pengadaan barang dan jasa di Pemkot Surabaya yang nilainya mencapai triliunan rupiah.

Padahal jika mengacu kepada Perpres 54 tahun 2010 tentang penyelenggaraan proyek-proyek pembangunan, DPRD mempunyai kewenangan untuk melakukan pemeriksaan / kontrol, tidak hanya proyek jenis fisik tetapi juga jenis proyek pengadaan barang dan jasa.

Akan sangat ironis lagi jika ternyata selama ini anggota dewan justru tidak pernah mengetahui soal jadwal kerja, kualitas dan kuantitas (spesifikasi) serta penempatan barang yang diadakan.

“Dewan seharusnya meminta jadwal penyelenggaraan barang dan jasa termasuk didalamnya spesifikasi, waktu penyelenggaraan, penerimaan dan penempatannya agar dapat melakukan fungsi pengawasan/pemeriksaan, karena ternyata sangat banyak jenis pekerjaan itu yang di swakelolakan, selama ini saya beranggapan bahwa dewan terkesan menyepelekan padahal nilai APBD yang digunakan justru jauh lebih besar dari proyek fisik” ucap Ir Susiawan Ketua LSM Lintas Komunitas yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, Kamis (26/05).

Menurut Susiawan, soal recruitment out sourching dan tenaga ahli out sourching juga menjadi bagian dari proyek pengadaan barang dan jasa yang juga harus mendapatkan pengawasan sekaligus pemeriksaan oleh anggota dewan.

Lemahnya pengawasan DPRD Surabaya terhadap proses lelang dan rekruitmen tenaga outsourching ini ternyata diakui oleh Agus Darsono anggota Komisi C.

“ Ya benar mas, itu memang juga menjadi bagian dari tupoksi Komisi C, saya akan sampaikan ke ketua (Sachirul Alim) untuk ditindak lanjuti” ucap Agus Darsono singkat.(nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *