KMP Fudi Jakarta Kandas di Pelabuhan Tanjung Perak

SURABAYA – KMP Fudi Jakarta, Rabu (6/4) pagi karam di perairan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, berdekatan dengan dok Semarang PT. PAL.

Menurut Kepala Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, Erwin Rosmali posisi kapal saat ini berada di pintu masuk dok PT Pal Surabaya.

“Nah ini bisa mengganggu alur keluar masuk kapal di PT Dok yang akan menjalani perbaikan. Dan kalau dibiarkan berlama lama akan mengganggu alur pelayaran di Tanjung Perak”, ujar Erwin Rosmali kepada wartawan, Rabu (6/4).

Belum diketahui pasti jumlah pekerja saat posisi kapal tersebut miring, namun tidak ada korban jiwa.

Erwin Rosmali menambahkan, kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 dinihari tadi, saat KMP Fuji Jakarta dalam proses perbaikan tahap akhir ke dermaga PT Pal.

Diketahui badan kapal miring, para pekerja berupaya melakukan penyeimbangan dengan memasukkan air, namun karena ada kesalahan teknis, kemiringan kapal justru bertambah 90 derajat.

“Untuk saat ini masih dilakukan penyelidikan kenapa kapal tersebut sampai miring. Yang jelas bukan disebabkan karena kebocoran kapal. Jadi tidak ada pencemaran laur” lanjut Erwin.

Pantuan suarakawan.com, posisi kapal masih miring hingga 90 derajat. Akibat kejadian tersebut, lambung kiri bagian bawah kapal kembali mengalami kerusakan.

Kejadian ini sempat Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melarang masuk ke kawasan PT. PAL, bagi siapa saja yang tidak berkepentingan, termasuk wartawan.

“Maaf wartawan dilarang masuk.” tegas salah satu anggota TNI yang berjaga di pos jaga. (bs/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KMP Fudi Jakarta Kandas di Pelabuhan Tanjung Perak"