KMP Fudi Sumbang Antrean Panjang di Pelabuhan Merak

SURABAYA – Terbaliknya KMP Fudi Jakarta di Dok Semarang, Dermaga PT. PAL Indonesia, Tanjung Perak Surabaya sejak Rabu (6/4), akan menambah panjangnya antrian truk di Pelabuhan Merak, Banten.

Jenderal Manager PT. Pelni, Daniel mengatakan KMP Fudi Jakarta merupakan jalur Merak-Bakahuni. Padahal rencananya dalam waktu dekat kapal tersebut untuk mengurai antrian truk yang terjadi di Pelabuhan Merak, meskipun masih dalam proses akhir perbaikan.

“Sebenarnya bisa membantu kemacetan di Merak, sebab kapal ini mempunyai kapasitas yang besar. Jadi bukan hanya untuk penumpang saja, melainkan untuk barang juga,” ujar Daniel kepada wartawan, di PT. Pelni Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (7/4).

Dari hasil pemeriksaan sementara, tim berencana akan mengapungkan KMP Fudi dengan menggunakan balon udara yang diletakkan di bawah kapal, agar kapal bisa kembali ditegakkan. “Ya ini masih kemungkinan saja”, lanjut Daniel.

Sementara itu, Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane mengatakan antrian kendaraan truk ekspedisi di Pelabuhan Merak mencapai puluhan. “Diperkirakan antrian truk bisa mencapai 10 kilometer setiap harinya, ” ujar Le Mane.

Sejumlah sopir khususnya sopir truk mengaku hanya bisa pasrah menghadapi antrian truk di Pelabuhan Merak. Ini diakui petugas lapangan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberanga (PT ASDP) Pelabuhan Merak, karena banyaknya truk yang akan menyeberang.

Antrean truk di Pelabuhan Merak Tol Merak,Banten dikhawatirkan membuat ribuan supir mengalami stres berat. (bs/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *