KLH Tingkatkan Komunikasi Untuk Maksimalkan Peran Masyarakat

Ilyas Asaad (kiri)

SURABAYA (suarakawan.com) – Pemerintah melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup beralih strategi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Salah satunya dengan mengkomunikasikan masalah lingkungan kepada masyarakat sebagai hal hal yang pokok.

“Jika terjadi kerusakan lingkungan, maka masyarakat yang pertama kali jadi korbannya. Hal hal seperti itu yang kurang masyarakat sadari,” papar Ilyas Asaad Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ilyas dalam Workshop penyusunan strategi komunikasi lingkungan untuk pengelolaan DAS Brantas oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim di hotel Inna Simpang, Selasa (05/07).

Tujuan peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, lanjut Ilyas, adalah menuju masyarakat yang lebih bertanggung jawab, menimbulkan dukungan dan penerimaan atas rencana pemerintah dan mencerminkan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

“Jika itu terwujud, maka partisipasi masyarakat tersebut efektif dan berdaya guna untuk mendapatkan informasi tepat waktu, dini dan teliti sebelum keputusan diambil,” imbuhnya.(jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *