Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Klaim Sepihak Trump Atas Yerusalem, Jokowi: Rakyat Indonesia Bersama Palestina

07 Dec 2017 // 13:59 // HEADLINE, NASIONAL, PERISTIWA

jokowi

BOGOR (suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo menegaskan posisi Indonesia dalam menyikapi keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Jokowi menyatakan, Indonesia konsisten bersama rakyat Palestina.

“Saya dan rakyat Indonesia tetap konsisten untuk terus bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanah Pembukaan UUD 1945,” kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis (7/12).

Jokowi mengatakan, pemerintah RI saat ini telah menjalin komunikasi dengan negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk merespons pernyataan Trump. Dia meminta OKI segera menggelar sidang khusus terkait masalah ini.

“Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan negara-negara OKI agar OKI mengadakan sidang khusus tentang masalah pengakuan sepihak ini pada kesempatan pertama,” katanya.

Jokowi juga meminta PBB segera menggelar sidang untuk menyikapi pengakuan sepihak AS. Selain itu, dia juga telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk memanggil Dubes AS dan menyampaikan sikap pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, Presidium Alumni 212 meminta Pemerintah RI untuk tetap konsisten membela kemerdekaan Palestina dengan Yerusalem (Al-Quds) sebagai ibu kotanya. PA 212 juga ikut mengecam keputusan Trump terkait pernyataannya yang menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Alumni 212 akan selalu bersama bangsa Palestina yang sudah puluhan tahun berjuang untuk kemerdekaannya,” Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif.

Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dia menyebut pernyataannya untuk mewujudkan janji kampanye yang selama ini tak pernah diwujudkan oleh presiden-presiden sebelumnya.

“Saya sudah memutuskan bahwa ini waktunya untuk mengakui secara resmi Yerusalem sebagai ibu kota Israel,” ujar Trump dalam pidatonya di Gedung Putih, Rabu (6/12).

Keputusan Trump ini berlandaskan pada satu undang-undang yang sudah diloloskan oleh Kongres AS sejak 1995. Di dalamnya mengatur tentang pengakuan AS bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel dan mengesahkan pendanaan pemindahan kantor Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.(cnn/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini