Kim Jong-un Bakal Bertemu Pemimpin Korsel pada 27 April

Kim Jong-un, Pemimpin tertinggi Korut

SEOUL (suarakawan.com) – Negosiator dari Korea Utara dan Selatan sepakat mengadakan pertemuan bagi kedua pemimpin negara yang tengah berperang tersebut pada tanggal 27 April nanti di zona demiliterisasi di perbatasan Korut dan Korsel.

Kim Jong-un akan menjadi pemimpin Korut ketiga yang mengunjungi Korsel sejak kedua negara mengadakan gencatan senjata pada tahun 1953. Jong-un akan bertemu dengan Moon Jae-in di Peace House, Korea Selatan.

Namun, tema pembicaraan dan isu-isu kunci masih belum diinformasikan kepada publik. Sejumlah isu mendesak antara lain pembicaraan damai, dan program nuklir Korut.

Cho Myoung-gyon, negosiator Korsel, mengatakan bahwa pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin menjadi pemicu serangkaian dialog diplomatis yang berpotensi mengakhiri perang Korea.

“Perjalanan yang jauh dimulai dengan satu langkah. Dialog menghasilkan partisipasi atlet Korut di Olimpiade, termasuk unifikasi tim hoki perempuan Korea,” kata dia.

Ri Son Gwon, negosiator Korut, mengatakan pertemuan April nanti sangat penting dan usaha yang tulus dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan mulus.

Sebelumnya, Kim Jong-un mengunjungi Beijing selama dua hari dan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Kim menegaskan bahwa dirinya siap bernegosiasi dengan Korsel dan AS. Setelah pertemuan dengan Korsel bulan depan, ada wacana pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump.(bs/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kim Jong-un Bakal Bertemu Pemimpin Korsel pada 27 April"