Khadafy Terima Rencana Perdamaian AU

Tidak ada komentar 2 views

TRIPOLI – Presiden Libya Moammar Khadafi dikabarkan menerima usulan Peta Jalan Damai untuk mengakhiri perang sipil yang terjadi di negaranya. Peta perdamaian ini termasuk di dalamnya negosiasi gencatan senjata.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma yang memimpin delegasi para pemimpin Afrika di Tripoli, sebelumnya meminta pihak North Atlantic Treaty Organization (NATO) untuk menghentikan serangan udara yang dilancarkan ke wilayah Libya.

Pihak oposisi Libya bersikeras akan menerima perdamaian hanya bila Khadafi mengakhiri rezimnya yang telah berlangsung selama 40 tahun. Sementara itu Pemerintah Libya menyatakan Khadafi tidak akan lengser dari jabatannya.

“Delegasi (Khadafi) telah menerima Peta Jalan Damai yang telah kami ajukan. Setiap pihak harus memberikan kesempatan kepada proses gencatan senjata,” tutur Presiden Afrika Selatan Jacobn Zuma seperti dikutip Reuters, Senin (11/4/2011).

Sebelumnya Komisioner Uni Afrika untuk Keamanan dan Perdamaian Ramtane Lamamra mengisyaratkan bahwa Khadafi bersedia untuk turun dari jabatannya. Namun Lamara memastikan pembicaraan mengenai turunnya Khadafi masih bersifat rahasia.

Di tengah upaya perundingan yang diprakarasai Uni Afrika, NATO melancarkan serangan udara yang ditargetkan pada pasukan Khadafi di Misrata pada Minggu 10 April. Serangan ini dimaksudkan untuk memperlemah kekuataan pasukan Khadafi di wilayah barat Libya.

Pasukan koalisi yang dipimpin NATO menyatakan, serangan udara juga berhasil menghancurkan 14 tank di Ajdabiyah. Selain itu serangan di Misrata dikabarkan telah menyebabkan kehancuran pada 11 tank pasukan Khadafi.

Meski upaya pembicaraan damai masih berlangsung, tetap saja pertempuran masih berlangsung. Seorang juru bicara pihak oposisi menolak perundingan damai ini dan bersikeras memilih perang untuk menyelesaikan konflik di Libya. (AFP/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Khadafy Terima Rencana Perdamaian AU"