Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Ketahuan Pakai Uang Rakyat untuk Jet Mahal, Menkes AS Mundur

30 Sep 2017 // 14:34 // HEADLINE, INTERNASIONAL, PERISTIWA

_98083170_042079570

WASHINGTON DC (suarakawan.com) – Menteri Kesehatan AS Tom Price akhirnya mengundurkan diri akibat skandal penggunaan pesawat jet carteran mahal untuk perjalanan dinas.

Sebelumnya dia menyatakan permintaan maaf karena melakukan 26 penerbangan dengan pesawat pribadi sejak Mei dengan biaya $400.000 (Rp5,4 miliar) dengan uang rakyat pembayar pajak.

Dalam ketentuan, para pejabat pemerintah, kecuali yang menangani masalah keamanan nasional, diharuskan mengambil penerbangan komersial untuk perjalanan dinas.

Tiga anggota kabinet Presiden Donald Trump lainnya juga disorot karena menggunakan pesawat-pesawat pribadi untuk perjalanan dinas.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan Presiden Trump telah menerima pengunduran diri Price, dan bahwa wakil Menkes, Don J Wright ditunjuk sebagai pelaksana tugas menteri kesehatan.

Sebuah penyelidikan oleh situs berita politik Politico menemukan bahwa perjalanan-perjalanan dinas Tom Price telah menghabiskan dana lebih dari $1 juta (Rp713 miliar).

Angka itu termasuk $400.000 untuk penerbangan dengan jet pribadi, dan biaya pesawat militer yang digunakan untuk perjalanan di luar negeri, lapor Politico.

Presiden Trump sebelumnya mengatakan bahwa dia ‘tidak senang’ dengan masalah itu.

Sebelumnya Tom Price berjanji untuk mengganti biaya dengan penerbangan pribadi, dengan mengatakan: “Pembayar pajak tidak akan membayar sepeser pun untuk tempat duduk saya di pesawat tersebut.”

Beberapa jam sebelum pengunduran diri Price, Presiden Donald Trump mengatakan kepada reporter Gedung Putih: “Dia orang yang sangat baik. kamiakan membuat keputusan kapan malam ini.”

Menteri Dalam negeri Ryan Zinke juga dilaporkan menggunakan jet pribadi di jalur yang dilayani pesawat komersial.

Tiga anggota kabinet Presiden Trump lainnya juga disorot karena penggunaan pesawat pribadi saat bertugas:
– Menteri Dalam Negeri Ryan Zinke terbang dari Las Vegas ke Montana pada bulan Juni lalu dengan jet pribadi dan membebani pembayar pajak lebih dari $12.000 (Rp162 juta), menurut Politico dan Washington Post
– Menteri Keuangan Steven Mnuchin dituduh terbang bersama istrinya untuk menyaksikan gerhana matahari bulan lalu
– Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Scott Pruitt menghabiskan lebih dari $58.000 (Rp800 juta) untuk perjalanan dengan pesawat non-komersial

Menteri Dalam Negeri Ryan Zinke antara lain dituduh melakukan perjalanan Vegas-Montana – sebuah rute yang dilayani oleh penerbangan komersial, menggunakan jet pribadi antara St Croix dan St Thomas di Kepulauan Virgin Amerika Serikat pada bulan Maret, dan menggunakan sebuah pesawat militer untuk bepergian ke Norwegia pada bulan Mei.

Juru bicara departemen dalam negeri Heather Swift mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, seperti Mendagri sebelumnya, Zinke “melakukan penerbangan carteran saat tidak ada pilihan komersial yang tersedia.”

Ia menyebut, semua perjalanan sudah disetujui sebelumnya oleh lembaga etik terkait.(bbc/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini