Kerusuhan Suriah Telan Puluhan Korban

Tidak ada komentar 10 views

NICOSIA – Demonstran di Suriah melaporkan lebih dari 70 orang tewas hari Jumat (22/4) dalam gelombang aksi menentang Presiden Bashar alAssad yang mulai pecah lima pekan lalu.

“Sejauh ini aksi pemerintahan Assad telah menewaskan 72 orang dan melukai ratusan lainnya,” kata Komite Hak Asasi Manusia di London yang diterima oleh AFP, Sabtu (23/4).

Massa demonstran di beberapa tempat ditembak ketika mereka berkumpul usai salat Jumat, satu hari setelah UU keadaan darurat akhirnya dicabut setelah diterapkan hampir selama 50 tahun.

Presiden kebijakan Bashar al-Assad mencabut keadaan darurat dipandang banyak kalangan sebagai bentuk konsesi kepada pengunjuk rasa.

Sedikitnya 260 orang dilaporkan meninggal sejak kerusuhan mulai pecah bulan lalu, dan Jumat tampaknya salah satu hari demonstrasi paling berdarah di Suriah sejauh ini.

Peluru Tajam

Di berbagai tempat di Suriah, demonstran yang dilaporkan mencapai puluhan ribu orang memekikkan slogan-slogan yang menyerukan penggulingan rezim, lapor kantor berota Reuters.

Gambar klip video yang keluar dari Suriah memperlihatkan rekaman banyak insiden konfrontasi yang melibatkan penggunaan peluru tajam.

Dalam pernyataan bersama mereka sejak demonstrasi pecah, para aktivis politik yang menggalang massa demonstrasi menuntut sistem politik demokratis.

Kerusuhan politik di Suria merebak setelah revolusi pecah di tempat lain di Dunia Arab, termasuk yang berhasil menumbangkan presiden Tunisi dan Mesir, serta perang saudara yang tengah berlangsung di Libia.

‘Hujan Peluru’

Aparat Suriah belum mengukuhkan korban jiwa yang jatuh hari Jumat.

Kantor berita resmi Sana hanya mengatakan bahwa aparat keamanan telah mengguakan gas air mata dan meriam air ”untuk mencegah bentrokan antara demonstran dan warga dan melindungi aset publik”, dan ”beberapa” orang terluka.

Peluru mulai berterbangan di atas kepala kami seperti hujan lebat”

Saksi mata demonstrasi

Menurut saksi mata dan aktivis, banyak dari korban jiwa jatuh di Ezra – sebuah desa di dekat kota kecil Deraa yang bergejolak – dan di kawasan Douma di pinggiran ibukota Suriah, Damaskus.

Laporan-laporan yang belum dikukuhkan menyebutkan dua korban tewas di Homs, dua di distrik Barzeh dan satu lagi di Hirak, yang berada tak jauh dari Deraa.

Penembakan mulai terjadi di Ezra ketika massa demonstran berarak ke kantor kepala desa di sana, dan salah seorang korban dilaporkan seorang bocah laki-laki usui 11 tahun.

”Peluru mulai berterbangan di atas kepala kami seperti hujan lebat,” kata saksi mata seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Saksi di Douma mengatakan kepada Reuters bahwa dia ikut membantu mengusung tiga orang dengan luka tembak pada kaki mereka.

Seorang warga di Homs, kota berpenduduk 700.000 ribu jiwa di belahan barat Suriah, mengatakan kepada BBC bahwa dia mendengar tembakan dan yaki tiga demonstrasi terpisah tengah berlangsung di kota tersebut. (afp-bbc/iza)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kerusuhan Suriah Telan Puluhan Korban"