Kepercayaan Publik Terhadap KPK Merosot

Tidak ada komentar 8 views

jumpa pers LSI

JAKARTA (suarakawan.com) – Kepercayaan publik terhadap lembaga ‘superbody’ Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdasarkan hasil survey Lembaga survey Indonesia (LSI) hanya 41 persen. Menurut LSI keyakinan publik atas KPK pertama kali berada di bawah angka merah, dibawah 50 persen.

“Dibandingkan 2005 KPK mengalami penurunan kepercayaan publik 58,3 persen, sekarang 41,6 persen yang percaya. Tentu ini jadi evaluasi bagi pansel,” ujar peneliti senior LSI, Adjie Alfaraby dalam konferensi pers dengan tema ‘Merosotnya Kepercayaan Publik Terhadap KPK’ di kantor LSI, Rawangun, Jakarta Timur, Minggu (07/08).

Aji menambahkan masyarakat menilai KPK masih pandang bulu dalam pemberantasan korupsi. Beberapa kasus menjadi indikator.

“Publik menilai KPK masih pandang bulu. Tidak jelasnya penyelesaian kasus bail out century, Sesmenpora dan Miranda Goeltom menjadi indikator kemerosotan keyakinan publik ke KPK,”imbuhnya.

KPK, lanjut Aji, sudah dianggap lembaga yang tidak kredibel dalam penanganan korupsi tidak pandang bulu. “Hanya 29,7 persen publik puas untuk kasus menpora. 46,3 persen kurang atau tidak puas,”paparnya.

Survey LSI menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengumpulan data. Dengan 1200 responden dengan margin error 2,9 persen.(syd/nas)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kepercayaan Publik Terhadap KPK Merosot"