Kenapa Sih SMS Hanya 160 Karakter ?

Tidak ada komentar 13 views

orang membaca sms (ilustrasi)

SURABAYA (suarakawan.com) – Dewasa ini, pengiriman pesan singkat melalui SMS begitu mewabah yang telah menggantikan peran kartu pos dan kartu ucapan bagi hari besar. Namun demikian, ternyata masih banyak ganjalan atau pertanyaan mengapa dalam SMS, dibatasi hingga 16o karakter saja. Meskipun  Anda dapat mengirim SMS sampai 960 karakter, tetapi pesan itu akan dikirim dalam 6 pesan teks terpisah.

Kembali ke pertanyaan mengapa pesan teks SMS dibatasi hingga 160 karakter. Untuk menjawab pertanyaan itu, kita harus memiliki konsep dasar pesan teks SMS. Kita harus tahu tentang Protokol SMS Deskripsi Unit (PDU) yang  mengirim SMS modus teks.

Untuk diketahui, pesan teks SMS dikirim oleh SMSC (SMS Center) handset menggunakan protokol SS7. . Jika anda melihat lebih dalam SS7, kita perlu  aplikasi tambahan yang disebut Mobile Application Part (MAP) yang mengirim pesan teks SMS menggunakan modul aplikasi Pesan Originating (MO) dan Pesan Mengakhiri (MT). Dalam protokol ini, kita dapat menjawab bahwa pembatasan dalam pembangunan SMS. . Ketika dibangun, SMS hanya perlu digital Coding Scheme (DCS) protokol isyarat terbatas 140 oktet, yang berarti 140 * 8 bit = 1120 bit.

Dalam pemakaian alfabet di sms, kita menggunakan 7 bit  per karakter, dan untuk tujuan lain seperti pesan pintar seperti gambar dan nada dering atau aksara Cina dan Jepang  kita pengguna 8 bit. Untuk tujuan lain pengkodean karakter 16 bit akan digunakan seperti untuk Flash SMS yang menunjukkan pesan singkat berkedip atau SMS. Jadi untuk  alfabet kita memiliki 1120 bit : 7 bit = 160 karakter. Dalam cara yang sama kita, kita memiliki 140 karakter dalam 8 bit, dan 70 karakter di 16 bit.

Jadi sekarang kita bisa melihat bahwa untuk satu pesan teks SMS telah kita terbatas 160 karakter alfabet selama 7 bit, 140 karakter 8 bit alfabet dan 70 karakter untuk 16 bit karakter.

Dalam inovasi berikutnya dan perbaikan, anda dapat menyesuaikan Kode Skema digital maksimum 140 octets atas, sehingga kita dapat memperluas maksimum karakter untuk satu pesan teks SMS.

Meskipun ponsel saat ini lebih canggih seperti keypad qwerty dan memiliki kemampuan untuk menulis lebih dari 160 karakter, sistem SMS hanya mampu memilahnya dalam beberapa pesan. Anda dapat melihat indikator dalam pesan teks Anda yang panjang Anda SMS berdasarkan kemampuan telepon hanya cara untuk menulis SMS. Sistem SMS hanya melihatnya dalam beberapa pesan.

Sebagai contoh jika Anda dapat menulis sampai 400 karakter, sistem hanya melihatnya dalam 3 pesan teks SMS dan Anda akan dikenakan biaya selama 3 pesan menurut operators.Namun demikian selular Anda memiliki cara alternatif untuk mengirimkan pesan panjang ke operator selular Anda. .

Untuk meningkatkan karakter maksimum dalam satu pesan teks SMS SMS kita dapat menyatukan konten yang lebih besar, hal itu disebut sebagai SMS panjang.  Hal ini dikonfigurasikan pada operator selular tidak dalam handset Anda.

Dalam SMS bersambung, Anda akan memiliki tambahan User Data Header (Udh) berisi informasi segmentasi.. Karena itu kapasitas maksimum akan berkurang menjadi 153 untuk 7 bit, 133 untuk 8 bit dan 67 untuk 16 bit.(bbs/nas)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kenapa Sih SMS Hanya 160 Karakter ?"