Kemenhut Amankan 34 Kontainer Kayu Illegal

Tidak ada komentar 13 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Kementerian Kehutanan hari ini (19/01) melakukan inspeksi mendadak, setelah diamankannya kayu ilegal sebanyak 34 kontainer di depo kontainer PT Dharma, Tanjung Perak Surabaya.

Menurut Dirjen Perlindungan Hutan dan Reservasi Alam, Ir Darori, penangkapan ini bermula adanya informasi pengiriman hasil hutan kayu dengan menggunakan dokumen pengangkutan yang tidak sesuai dengan ketentuan dengan menggunakan KM Asia Pratama yang berasal dari Toli-toli menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Akhirnya dengan informasti tersebut dilakukan pendalaman dan diperoleh fakta dilapangan terdapat 34 kontainer berisikan hasil hutan kayu yang menggunakan dokumen angkut Surat Keterangan Asal-usul dari Toli-toli tujuan Surabaya.” ujar Ir Darori, (19/01).

Di kontainer tersebut ditemukan kayu Eboni dan Meranti yang jelas-jelas kayu ini sangat dilindungi.

Sementara surat ijinnya berisi muatan mangga dan durian. Sehingga kegiatan pengiriman ini melanggar undang-undang tentang kehutanan dengan hukuman ancaman 10 tahun serta denda 5 miliar rupiah.

Oleh sebab itu, untuk saat ini akan dilakukan kerja sama antara penyidik pusat kementrian beserta mabes polri guna mengejar pelaku. Sebab pelaku belum diketahui identitasnya.

Ir Darori menjelaskan, dalam kasus ini memang kesulitan untuk menangkap pelaku, sebab nama pengirim dan penerima sama – sama tidak sesuai. “Ini jaringan terputus. Semuanya serba palsu alamatnya karena khawatir tertangkap seperti saat ini.” tutup Darori.(bs/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kemenhut Amankan 34 Kontainer Kayu Illegal"