Kebiasaan Buruk Penyebab Obesitas

Tidak ada komentar 9 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Lemak di perut sangat berbahaya bagi kesehatan. Hipertensi, diabetes, penyakit kardiovaskular merupakan beberapa risiko yang Anda hadapi jika memiliki ukuran lingkar pinggang yang melebar.

Menurut Dr Nicholas Gottschalk, pimpinan Federasi Penyakit Diabetes, Nutrisi dan Metabolis, ukuran pinggang wanita tidak melebihi 80 inci. Berikut ini ada tujuh kebiasaan yang paling berbahaya yang dapat melebarkan ukuran pinggang Anda, dilansir melalui Ghiboo, Kamis (16/02).

Merokok

Mungkin kebiasaan ini dapat mengurangi nafsu makan Anda sehingga bisa menurunkan beberapa kilogram berat badan. Sayangnya, sebuah penelitian justru mengungkapkan sebaliknya. Merokok mempengaruhi daerah-daerah di tubuh dimana tempat lemak berkumpul.

Sebuah riset yang dilakukan oleh ilmuwan Inggris juga menunjukkan bahwa lingkar pinggang seorang perokok aktif ternyata lebih besar dibandingkan dengan mereka yang non-perokok.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan lemak di perut mempengaruhi masalah kesehatan, seperti demensia, kanker pankreas, diabetes, impotensi, hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Konsumsi Alkohol Berlebih

Segelas minuman alkohol mungkin tidak terlalu kelihatan dampaknya. Namun, bila menjadi kebiasaan, minuman alkohol dapat mempengaruhi bentuk perut Anda.

Kok bisa? Alasan utamanya adalah alkohol mempengaruhi kemampuan hati dan memetabolisme lemak. Beberapa jenis minuman alkohol juga seperti bom ‘kalori’ waktu.

Stres

Stres tak hanya membuat kulit Anda menjadi keriput dan rambut ubanan, tetapi juga dapat mengubah ukuran lingkar pinggang Anda.

Penelitian telah menemukan bahwa kadar hormon kartisol yang tinggi, yang dilepaskan dalam keadaan stres, mendukung penumpukan lemak di bagian perut. Cobalah untuk melakukan rileksasi dan jangan biarkan stres mempengaruhi kesehatan dan bentuk tubuh Anda.

Tidak Minum Air 2 Liter Per Hari

Air memainkan peran penting dalam melunakkan dan menghancurkan lemak, terutama di bagian perut. Karena tubuh dapat bekerja sangat baik ketika penuh cairan.

Selain itu, air juga membantu menciptakan rasa kenyang, sehingga membuat Anda makan lebih sedikit. Pastikan selalu membawa air setiap beraktivitas untuk melepaskan dahaga.

Tidur Tak Teratur

Kebanyakan orang kehilangan waktu tidur malamnya karena terus menerus duduk di depan komputer atau malah pergi dugem. Kebiasaan ini tentu saja tidak sehat. Para ahli menyarankan agar orang dewasa memiliki 6-8 jam tidur setiap malam.

Kurang tidur membuat seseorang rentan kelelahan. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa kelelahan tak hanya mempengaruhi tubuh, namun juga mempercepat proses penuaan. Kelelahan menimbulkan seseorang untuk merasa lapar, sehingga lebih rentan terhadap makanan berkalori tinggi.

Puasa demi Menurunkan Berat Badan

Anggapan ini salah besar. Tubuh akan bereaksi akibat menahan lapar dengan melepaskan hormon stres, yang dapat mengubah kalori menjadi lemak.

Kurang Olahraga

Selain menaikkan kepercayaan diri, olahraga kecil akan bekerja dalam pengencangan otot perut, sehingga ukuran lingkar pinggang Anda akan tetap ideal.(Gh/din/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kebiasaan Buruk Penyebab Obesitas"