Kebakaran Pasar Songgolangit Ponorogo, 60 Persen Bangunan Ludes

kebakaran

PONOROGO (suarakawan.com) – Pasar Legi Songgolangit, Ponorogo, Jawa Timur, yang terbakar pada Minggu (14/5/2017) malam merupakan tempat mencari nafkah sekira 2.000 pedagang. Mereka berdagang di kios maupun membuka lapak di halaman pasar.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Ponorogo Addin Andanawarih mengatakan, terdapat 96 kios pertokoan, ratusan los, dan ratusan lapak kecil di seluruh bagian pasar. Pasar Songgolangit berdiri di atas tanah seluas sekitar 10 ribu meter persegi, sedangkan luas seluruh bangunan mencapai sekitar 70 ribu meter persegi karena bertingkat.

“Kalau dari laporan sementara, sekitar 60% bangunan terbakar. Tapi pastinya mungkin besok (hari ini, Senin 15 Mei 2017-red) setelah ada pendataan. Termasuk jumlah kerugian yang dialami, kita belum tahu,” katanya, Minggu (14/5).

Addin menyatakan, untuk menanggulangi kondisi ini, kemungkinan pihaknya akan membuat pasar penampungan. Namun ia belum bisa memastikan lokasinya.

“Kalau saya sempat terpikir di bekas lahannya rumah sakit. Itu kan luas juga. Tapi itu kalau mau. Yang jelas besok kita akan kumpulkan pedagang dan akan membicarakan hal itu,” ujarnya. (oke/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *