Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Kawah Dieng Meletus, 10 Wisatawan Terluka

02 Jul 2017 // 15:14 // DAERAH, HEADLINE, PERISTIWA

130329_dieng

BANJARNEGARA (suarakawan.com) – Kawah Sileri di kawasan Dieng Plateu Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengeluarkan letusan fratik atau letusan gas. Sebanyak 10 wisatawan yang berada di sekitar kawah mengalami luka hingga harus dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Menurut Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Permana, letusan Kawah Sileri terjadi Minggu (2/7) sekitar pukul 11.30 WIB.

“Info yang kami terima ledakan awal tingginya mencapai 50 meter disertai keluarnya lahar dingin berupa lumpur,” kata Sarwa.

Munculnya ledakan ini mengejutkan sejumlah wisatawan yang berada di area kawah. Mereka pun panik dan berlarian hingga beberapa di antaranya terjatuh dan harus dilarikan ke Puskesmas terdekat.

“Kondisinya pas banyak wisatawan, sehingga pada panik dan berlarian sampai terjatuh. Langsung dibawa ke Puskesmas terdekat,” tambah Sarwa.

Sementara itu Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitternya menginformasikan akibat letusan itu 10 wisatawan yang berada di sekitar kawah mengalami luka.

Tim Basarnas, Rescue dan BPBD Kabupaten Banjarnegara hingga saat ini masih belum berani mendekat ke area Kawah Sileri seiring masih terjadi letupan-letupan kecil disertai asap yang membumbung tinggi.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Polisi Djarod Padakova menyatakan aparat kepolisian dibantu Tim Basarnas langsung menutup area Kawah Sileri. Wisatawan serta warga dilarang untuk mendekat sampai radius 50 meter.

“Petugas anggota Polres Banjarnegara telah bergerak mengamankan lokasi kejadian dan melarang warga untuk mendekat. Karena dimungkinkan akan terjadi ledakan kembali,” ujar Djarod. (cnn/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini