Kapolda Tekankan Polisi Harus Humanis

Tidak ada komentar 27 views

Kapolda Jatim Irjen Pol Untung S. Rajab

SURABAYA (suarakawan.com) –  Sebanyak 1.000 personel gabungan dari polri dan TNI dan pejabat utama di Jajaran kepolisian Jajaran Kepolisian Daerah (polda) Jawa Timur melakukan upacara peringatan HUT bayangkara ke 65 di Lapangan Mapolda Jatim, Jumat (01/07).

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Untung S Rajab di Hut Bhayangkara ke 65 ini merupakan momentum untuk meningkatkan pelayanan, pengayoman dan pelayanan  kepada masyarakat dan mengabdi untuk kepada negara.

Hal ini ditegaskan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Untung S Rajab saat meberikan sambutan dalam upacara Hut Bhyangkara ke 65 di lapangan Mapolda Jatim.

Dikatakannya, saat ini polri telah melaksanakan tiga kunci utama yaitu kemitraan, memantapkan revitalisasi, serta pelayanan prima kepada masyarakat. ”Memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat, merupakan dasar terbangunnya kepercayaan masyarakat pada Polri,” tuturnya.

Selain itu juga kapolda meminta kepada anggota polisi untuk lebih dekat lagi kepada masyarakat sehingga polisi diharapkan dapat lebih dekat dan ramah kepada masyarakat. “ dengan dilakukan pendekatan ke masyarakat, diharapkan masyarakat tidak takut lagi kepada polisi baik dalam melaporkan kejadian di sekitarnya,” tuturnya.

Kapolda Juga mengimbau kepada anggota kepolisian untuk meningkatkan jalinan kemitraan dengan seluruh komponen masyarakat sehingga terwujud sinergi polisional yg proaktif dgn mengedepankan tindakan Pre-Emtif dan Preventif.

Tegakkan hukum secara profesional, proporsional, obyektif, transparan dan akuntable guna menjamin kepastian hukum dan menjamin rasa keadilan, serta jadikan hukum sebagai panglima.

Kembangkan perpolisian masyarakat(POLMAS) yg berbasis pd masyarakat patuh hukum dgn mengubah pola pikir dari budaya dilayani menjadi budaya melayani secara konsisten dan konsekuen khususnya dalam melaksanakan berbagai prioritas progam yang dilaksanakan oleh polri.

Ia juga menghimbau jajarannya agar bersikap humanis terhadap masyarakat dalam menjalankan tugas termasuk ketika polisi sedang melakukan pengamanan aksi demonstrasi. Dalam hal ini, polisi harus menggunakan cara yang elegan dan harus cepat bertindak jika ada oknum-oknum yang ingin memprovokasi.

Menurutnya, saat ini polisi sedang berbenah diri, baik secara internal maupun eksternal. “Terutama eksternal. Kita melakukan langkah strategis dari Mabes Polri, terutama membangun kemitraan bersama seluruh elemen masyarakat,” tuturnya. (aca)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kapolda Tekankan Polisi Harus Humanis"