Kapal TNI AL Pembebas Sandera Somalia Tiba di Koarmatim

Penyambutan Satgas Merah Putih

SURABAYA(suarakawan.com)-Dua unsur Satgas Merah Putih yang mengemban misi pembebasan sandra ABK MV.Sinar Kudus di perairan Somalia tiba di Dermaga Komando Armda RI Kawasan Timur Ujung Surabaya, Jumat(27/5). Kedua kapal perang dari jajaran unsur Koarmatim itu, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355 dan KRI Yos Sudarso-353.

Kedatangan kedua kapal tersebut disambut Pangarmatim, Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto juga turut hadir seluruh pejabat teras Koarmatim. Kedua kapal perang ini diberangkatkan dari Surabaya tanggal 20 Maret 2011.

Menurut Kadispen Koarmatim, Letkol Laut Yayan Sugiana, dalam pembebasan sandera ABK MV. Kudus oleh para perompak Somalia, sebenarnya ada tiga kapal yang berangkat. Selain KRI Abdul Halim Perdana Kusuma dan KRI Yos Sudarso, juga ada KRI Banjarmasin, hanya saja KRI Banjarmasin tinggal di Jakarta, karena kapal perang jenis Landing Platform Dock ini memang masuk jajaran unsur Kolinlamil.

“Selain tiga kapal perang, sebanyak 999 anggota TNI tergabung dalam satgas TNI, diantaranya; pasukan khusus TNI AL Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), Detasemen 81 Komando Khusus TNI AD (Kopassus) dan pasukan Marinir TNI AL.” jelas Letkol Laut Yayan Sugiana.

Satgas ini dianggap berhasil, karena setelah pembayaran tebusan MV Sinar Kudus sudah bisa berlayar lagi, tiba tiba ada kapal cepat yang melintas  di depan kapal tersebut dan muncul teriakan dari ABK MV Sinar Kudus yang meneriakan kapalnya telah dibajak lagi.

Saat itulah pasukan Indonesia dengan didukung helicopter dan searider meluncur mengakhiri usaha pembajakan itu. Pantauan dari helicopter menyebutkan sedikitnya ada 4 orang di kapal cepat milik perompak tersebut. Perompak akhirnya berhasil dilumpuhkan dan kapal mereka tenggelam. Kapal Indonesia lantas mendampingi MV Sinar Kudus hingga menuju Oman.(bs/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *