Kamis, Sarkozy Melawat ke Jepang Atasi Krisis Nuklir

1 komentar 11 views

PARIS – Presiden Prancis Nicolas Sarkozy akan melawat ke  Jepang pada Kamis (31/3) untuk menunjukkan dukungan dan solidaritas komunitas internasional kepada negara tersebut setelah gempa dan tsunami pada 11 Maret.

Presiden Nicolas sebagai ketua kelompok negara G20 dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Naoto Kan untuk membahas kemungkinan bantuan tekhnis yang lebih luas lagi untuk mengatasi krisis nuklir.

Rencana itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Takeaki Matsumoto, terlebih karena Prancis pada tahun ini menjadi ketua perkumpulan negara-negara maju yaitu Kelompok Delapan (G8) dan Kelompok 20 (G20).

Sebelumnya pemerintah Prancis mengatakan akan mengirim kembali tiga ahli nuklir ke Jepang untuk menolong membersihkan radioaktif yang mengkontaminasi air di PLTN Daiichi Fukushima. Dua ahli nuklir dari Prancis lainnya sudah berada di Jepang dan tengah berunding dengan operator PLTN, Perusahaan Listrik Tokyo. Kelima ahli nuklir tersebut merupakan ahli dari perusahaan nuklir terbesar di dunia yang berada di Prancis, AREVA.

Para ahli tersebut akan membantu menghilangkan air yang terpolusi radiasi. Air yang teradiasi tersebut telah menghambat upaya mengembalikan fungsi pendingin di PLTN. Demikian dikutip dari NHK, Rabu (30/3) kemarin.

Ini merupakan pertama kalinya Pemerintah Prancis, operator PLTN terbesar kedua di dunia, mengirimkan ahli nuklir ke Jepang. (reuters/ara)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Kamis, Sarkozy Melawat ke Jepang Atasi Krisis Nuklir"