Kali Lamong Sepanjang 30 Km Belum di Tanggul

Tidak ada komentar 13 views

SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur membutuhkan dana Rp80 miliar untuk pembangunan tanggul Kali Lamong sepanjang 30 KM, sehingga banjir yang kerap kali menerjang 5 kabupaten/ kota di Jawa Timur dapat diminimalisir.

” Kita memang butuh dana besar untuk bangun tanggul kali Lamong, jumlahnya R 80 miliar. Kalau tidak dibuat tanggul, banjir di 5 kab/kota terus terjadi setiap musim hujan,” ungkap Kepala Dinas PU Pengairan Jawa Timur Supaat saat dihubungi suarakawan.com, Rabu (30/3) siang.

Kata Supaad, target penyelesaian proyek pembangunan tanggul tersebut pada tahun 2012. Sehingga tahun 2013  5 kabupaten/kota tersebut terbebas dari banjir. Namun rencana ini terkendala masalah pembebasan lahan. Sebab, di sisi kiri dan kanan bantaran Kali Lamong harus dilakukan pembebasan lahan.

Supaat menjelaskan, daerah aliran Kali Lamong di Jawa Timur mulai dari Jombang Utara, Mantup Lamongan, Dawarblandong Mojokerto, kemudian melintasi Kecamatan Cerme, Balongpanggang Gresik dan bermuara di Surabaya. Setiap musim hujan, kapasitas sungai yang hanya mampu menampung 250 m3 per detik tidak mampu menampung debit air hujan dari hulu yang kapasitasnya jauh lebih besar. ” Imbasnya terjadi luberan seperti sekarang ini,” tambah Supaat.

Belum lagi ditambah kondisi kali yang sempit dan berkelok-kelok. Gubernur Jawa Timur Soekarwo sudah mengumpulkan para kepala daerah dari 5 kabupaten/kota tersebut dan meminta agar mencari solusi untuk memperkecil area genangan.  (ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kali Lamong Sepanjang 30 Km Belum di Tanggul"