KAI Berlakukan Tiket Online Untuk KA Ekonomi

Tidak ada komentar 10 views

Sri Winarto

SURABAYA(suarakawan.com) – Untuk menghindari penumpukan penumpang di dalam kereta api kelas Ekonomi jarak jauh dan jarak sedang, PT Kereta api Indonesia daop 8 Surabaya membuka tiket ekonomi secara online.

Hanya saja tiket online ini tidak bisa dipesan melalui fia telepon, namun calon penumpang harus mendatangi di stasiun terdekat dan khusus keberangkatan Surabaya.

Menurut kepala humas daop 8 surabaya, Sri Winarto, tiket online ini akan dibuka pada mulai H-7 atau tanggal 17 Agustus untuk keberangkatan tanggal 23 Agustus. Untuk lintas utara, menggunakan kereta api Kertajaya dimana stasiun yang menyediakan reservasi online tiket ekonomi diantaranya, stasiun Pasar Turi Surabaya, Lamongan dan Babat. Namun penumpang baik dari Lamongan atau dimana saja harus naik dari stasiun Pasar Turi Surabaya.

Hal ini juga berlaku di lintas selatan meliputi Stasiun Surabaya Kota, Gubeng Surabaya Sidoarjo dan Mojokerto yang menggunakan kereta api Pasundan dan Gaya baru malam. Penumpang dari luar kota Surabaya tetap harus berangkat dari Stasiun Semut atau Surabaya Kota.

“Begitu pula keberangkatan lintas timur, penumpang dari Blitar harus berangkat dari Malang dengan kereta api Gajahyana,” terang Sri Winarto, Senin (08/08).

Dengan diberlakukan secara online, berarti penumpang kereta api ekonomi yang biasanya setiap kereta bisa mengangkut 200 penumpang, kini hanya 150 penumpang dengan asumsi 100 penumpang mendapatkan tempat duduk, dan 50 penumpang berdiri.

Andaipun kereta api berenti di setiap stasiun, namun tidak untuk menurunkan atau menaikkan penumpang melainkan hanya sebatas jadwal pemberhentian kereta saja. Dengan hal ini perjalan kereta api dipastikan tidak ada pengamen atau pedagang yang berlalu lalang di dalam kereta api.(bs/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KAI Berlakukan Tiket Online Untuk KA Ekonomi"