Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Kafe Ini Sajikan Menu Kolaborasi Lokal dan Internasional yang Unik

08 Oct 2017 // 05:03 // KULINER
Lily saat menunjukan menu Pizza Rendang

Lily saat menunjukan menu Pizza Rendang

SURABAYA (suarakawan.com) – Siapa yang tak kenal rendang? Makanan khas dari tanah Minang ini menjadi salah satu kuliner Nusantara yang cukup populer. Bahkan rendang telah diakui United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) sebagai makanan khas Indonesia.

Rendang dalam wujud yang berbeda akan kita jumpai saat mengunjungi Lebih Belle Cafe by Lily. Disini rendang menyatu dengan kuliner internasional asal Italia, pizza. Menu Pizza Rendang menjadi kreasi baru rendang tanpa meninggalkan taste aslinya.

Cook Le Belle Cafe, Ari Susanto menuturkan, menu Pizza Rendang ini menggunakan roti sebagai bahan dasar dan topping atau saus rendang. Untuk membuat saus rendang, Ari menggunakan daging sapi cincang dan bumbu rempah. Bumbu rempah itu adalah bawang putih, bawang merah, kunir, laos, jahe, daun jeruk, serai, dan cabe merah besar. Sebagian bumbu itu lalu ditumis dan setelah itu diblender.

“Rempah lain seperti serai dan daun jeruk juga ditumis terpisah. Barulah setelah itu semua bumbu dicampur dengan daging cincang,” terangnya.

Setelah semua bumbu tercampur, lalu ditaburkan di atas roti pizza yang sudah diolesi minyak zaitun. Jadilah Pizza Rendang yang siap dinikmati.

“Satu pizza ini porsinya cukup untuk satu orang dewasa,” imbuhnya.

Rainbow Noodle

Rainbow Noodle

Selain Rendang Pizza, ada sensasi kuliner unik lainnya yang disuguhkan kafe ini, yakni Rainbow noodle. Sesuai namanya, ada tiga jenis warna mie yang berpadu dan membuat taste terasa berbeda. Ketiga warna itu adalah oranye, hijau dan hitam.

Lily Indra Lestari, pemilik Le Belle Cafe menuturkan, jika hanya menyajikan mie biasa, maka hampir semua warung di Indonesia menyajikan hal serupa. Untuk membuat berbeda, maka mie dibuat berwarna-warni. “Ketiga warna mie itu dicampur jadi satu dan disajikan,” katanya.

Semua bahan rainbow noodle itu, lanjutnya, dari bahan organik. Untuk bahan mie, dibuat sendiri dari olahan tepung, sayur dan telur. Lalu warna pada mie itu juga dari bahan organik, seperti kuning dari wortel, hijau dari sawi dan hitam dari arang Jepang.

“Bahan organik itu diblender dan diambil sarinya. Sari itu lalu dicampur tepung dan telur sehingga jadi mie berwarna,” urainya.

Agar citarasa makin kuat, maka pada kuah ditambahkan minyak wijen dan merica. Maka, dengan menaburi mie berwarna ini dengan jamur dan pangsit goreng, jadilah Rainbow Noodle bercitarasa berbeda.

“Rasa asin gurih dengan taste wortel, sawi dan arang Jepang membuat mie ini jadi berbeda,” ujarnya.

Lily menguraikan, kreasi menu yang disuguhkan tak lepas dari hobinya yang memang sering berjalan-jalan ke luar negeri. Dia juga suka dengan makanan dari Eropa dan Tiongkok, terutama pizza dan mie. Dari kesukaannya pada dua masakan itu, dia lalu berpikir bagaimana jika menu itu dipadukan dengan menu lokal.

“Saya menilai bahwa perpaduan menu western dan lokal tentu punya citarasa berbeda. Perpaduan rasa ini saya pikir belum ada,” pungkasnya. (ris/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini