Kabel Listrik Kembali Dipasang di PLTN Fukushima

TOKYO – Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo TEPCO memasang kembali kabel listrik di PLTN Fukushima Daiichi untuk menjamin aliran listrik bila terjadi gempa kuat lainnya.

Seperti dilansir NHK, enam reaktor PLTN itu kini secara berpasangan terhubung dengan sumber listrik dari luar. Hari ini TEPCO mulai menghubungkan kabel-kabel untuk reaktor nomor satu dan dua, ke jaringan kabel untuk reaktor nomor lima dan enam.

Ini dilakukan untuk menjamin pasokan listrik yang dapat digunakan untuk mendinginkan reaktor-reaktor bila salah satu dari ketiga sumber listrik itu padam.

Selama pekerjaan itu dilakukan, listrik luar untuk reaktor nomor satu dan dua akan dimatikan selama sekitar empat jam. Sebagai gantinya generator-generator diesel digunakan untuk memompakan air guna mendinginkan reaktor-reaktor itu.

TEPCO mengatakan listrik luar untuk reaktor nomor lima juga akan dipadamkan selama sekitar dua jam, namun dikatakan tidak akan menimbulkan masalah. Operasi pada reaktor tersebut telah dihentikan dengan aman. (NHK/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *