Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Jumlah Jamaah Haji Indonesia Meninggal Tahun Ini Meningkat

14 Sep 2017 // 17:05 // Berita & Suara Haji, HAJI, HEADLINE

haji4

MAKKAH (suarakawan.com) – Jumlah peserta haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Saat ini sebanyak 438 orang dinyatakan meninggal, lebih banyak dibanding 2016 yang mencapai 342 orang.

“Jumlah ini melebihi angka kematian tahun 2015, di luar korban jatuhnya crane dan musibah Mina,” kata Kepala Seksi Penghubung Kesehatan Daker Makkah, dr. Ramon Andrias.

Mereka meninggal di sejumlah wilayah, dengan rincian lima orang wafat di Jeddah, 309 wafat di Makkah, 37 wafat di Madinah, 20 wafat di Arafah, dan 67 orang wafat di Mina. Sebanyak 18 orang dari jumlah yang wafat adalah jemaah haji khusus.

“Bahkan, angka kematian pada musim penyelenggaraan haji 2015 mencapai 491, namun sudah termasuk lebih dari 100 jemaah wafat korban crane dan musibah Mina. Sementara angka kematian pada 2016 berjumlah 342,” katanya.

Tingginya angka kematian jemaah disebabkan kuota haji tahun ini yang lebih besar dibanding empat tahun terakhir.

Sejak 2013 – 2016, kuota haji dipotong 20%, efek renovasi Masjidil Haram. Kuota haji Indonesia pun berkurang menjadi 168.800 orang.

“Sampai saat ini dari 438 kematian, 342 itu kematian di atas umur 60. Memang sudah risiko tinggi (risti) dari risti umur mungkin ditambah lagi dengan risti penyakit,” tambahnya.

Menurut Ramon, cuaca tahun ini juga lebih panas. Sepekan ini, suhu di Makkah berkisar 43 – 46 derajat celsius dengan riil feel mencapai 50-52 derajat. Sedangkan di Madinah bisa lebih panas, sementara kelembaban juga rendah.(mtv/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini