JR West Janji Tingkatkan Keselamatan KA

Amagasaki – Presiden Direktur Japan Railway West Co, Takayuki Sasaki berjanji akan meningkatkan keselamatan kereta api dan kesejahterahan pegawai JR West. Demikian kata Sasaki dalam pidatonya dalam memperingati 6 tahun kecelakaan kereta di Kota Amagasaki, Prefektur Hyugo.

Sasaki menyatakan, perusahaan akan menanggapi serius tuntutan terhadap 4 mantan presiden direktur, dan berupaya untuk melakukan perubahan, serangkaian masalah dan skandal terkait dengan manajemen keselamatan selama setahun terakhir.
“Kami akan mengambil langkah-langkah drastis untuk perbaikan keamanan”, kata Sasaki.

Untuk diketahui, dalam kecelakaan yang terjadi pada 25 April 2005, sebanyak 107 orang tewas dan 562 orang terluka, saat kereta yang mereka tumpangi anjlok ketika melewati tikungan di jalur Fukuchiyama, dan menabrak bangunan apartemen yang berada disamping jalur kereta.  Selain keluarga korban yang tewas, para korban selamat dan para pegawai JR West, juga terlihat hadir dalam acara doa bersama, yang dilakukan di dekat lokasi kejadian.

Sebelumnya para peserta, mengheningkan cipta pada pukul 09.18 waktu setempat, yang bertepatan dengan waktu kejadian lima tahun silam.

Sementara itu, Menteri Agraria, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata Jepang Maehara Seiji, mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan yang terbaik, untuk menjamin aturan-aturan keselamatan guna mencegah terjadinya peristiwa serupa dimasa datang.

Tsuneo Okumura, 63, yang kehilangan putrinya dalam kecelakaan itu, mengatakan JRWest dalam pidatonya yang berjanji kepada keluarga korban diyakini tidak akan mengubah jati diri perusahaan yang tidak akan pernah menyebabkan kecelakaan lagi. (Kyodonews/iza-ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *