Jepang Mulai Nonaktifkan PLTN Hamaoka

Tidak ada komentar 32 views

PLTN Hamaoka dari Udara (AFP Foto/Jiji Perss)

TOKYO: Operator pembangkit listrik tenaga nuklir Hamaoka Jepang, yang terletak dekat garis gempa tektonik barat daya Tokyo, mulai mematikan salah satu dari dua reaktor berjalan pada hari Jumat  (13/05).

Kazuhide Enoo, seorang pejabat  PLTN mengatakan Chubu Electric Power mulai memasang batang kendali ke dalam reaktor nomor empat pembangkit listrik Jumat pagi, prosedur pertama dalam operasi.

“Kami berencana untuk menghentikan pembangkit listrik di pagi hari, dan kemudian reaktor dijadwalkan akan memasuki fase non-kritis sekitar tengah hari hari ini,” kata Enoo.

Perdana Menteri Naoto Kan minggu lalu dipanggil untuk penutupan PLTN, delapan minggu setelah gempa besar dan tsunami merusak Fukushima Daiichi timur laut pabrik nuklir dari Tokyo, memicu krisis terburuk atom di dunia sejak Chernobyl pada tahun 1986.

Pabrik Hamaoka memiliki lima unit reaktor, namun hanya dua yang sedang berjalan – nomor empat dan lima. Reaktor satu dan dua, dibangun pada tahun 1970-an, dihentikan pada tahun 2009, dan tiga sedang menjalani perawatan.

Perusahaan ini juga berencana untuk mulai mematikan nomor lima reaktor pada hari Sabtu.(cna/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jepang Mulai Nonaktifkan PLTN Hamaoka"