Jepang Memperluas Wilayah Evakuasi

Seorang Polisi Berjaga di luar wilayah Steril PLTN Fukushima

FUKUSHIMA(suarakawan.com)-Pemerintah Jepang akhirnya memperluas radius wilayah steril di sekitar PLTN Fukushima dan meminta warga di Kawamata dan Iitate untuk meninggalkan rumah mereka  pada hari Minggu.

Walikota Kawamata Michio Furukawa bertemu dengan beberapa 50 warga di kelompok pertama pengungsi, termasuk bayi dan balita, ”aku tahu kau khawatir tetapi kami akan mengatasi kesulitan bersama-sama.”

Pemerintah meminta warga di Kawamata dan Iitate pada 22 April untuk meninggalkan rumah dalam waktu sekitar satu bulan, karena risiko radiasi kumulatif diperkirakan melebihi tolak ukur 20 millisieverts selama setahun.

Masahiro Kanno, warga Kawamata (34) dengan dua anak berusia (5) dan (8), tidak senang dengan kebijakan evakuasi ini. ”Kedengarannya aneh bahwa pemerintah pertama berkata kita tidak perlu khawatir tapi tiba-tiba menyuruh kami untuk pergi,”katanya.

Pemerintah menetapkan kawasan dilarang masuk tambahan di luar zona evakuasi dalam radius 20 kilometer dari kompleks Fukushima Daiichi yang lumpuh akibat gempa 11 Maret dan gelombang tsunami. (jt/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *