Jepang Larang Penduduk Sekitar Fukushima Minum Air

TOKYO – Kementerian Kesehatan Jepang hari ini melarang penduduk di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima untuk tidak minum air dari keran. Pasalnya ditemukan kandungan radioaktif yang melebihi batas normal. Jika seseorang minum cairan yang terkontaminasi itu diyakini akan berbahaya terhadap kesehatan jangka panjang.

Sebelumnya Jepang menaikkan tingkat krisis nuklir di pembangkit listrik Fukushima Daiichi menjadi level 5 dari sebelumnya level 4 dalam skala internasional 7.

Badan Keselamatan Nuklir dan Industri (NISA) Jepang menyatakan naiknya tingkat krisis nuklir ini ditetapkan setelah dilakukan evaluasi terhadap reaktor No. 1, No. 2 dan No.3, dimana bagian intinya telah meleleh sebagian dan kebocoran radiasi terus berlangsung.

Dampak kebocoran radiasi nuklir yang terus berlangsung, bayam, susu dan produk pertanian di area dekat pembangkit listrik nuklir Fukushima Daiichi terkontaminasi radiasi diatas batas aman. Namun pemerintah Jepang melalui keterangan resminya yang disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano mengatakan tingkat radiasi ini tidak membahayakan kesehatan manusia dan konsumen diminta tenang. (ti/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jepang Larang Penduduk Sekitar Fukushima Minum Air"