Jepang Intervensi Pasar Untuk Stabilkan Yen

Tidak ada komentar 13 views

yen jepang

TOKYO (suarakawan.com) – Pemerintah Jepang pada hari Kamis melakukan intervensi di pasar mata uang untuk melemahkan yen, kata pemerintah, dalam upaya untuk melawan spekulan yang telah mendorong kenaikan yang tinggi terhadap dolar.

Yen mulai jatuh tak lama setelah 0100 GMT, dan dolar naik tajam menjadi 78,45 ¥ dari 76,99 sebelumnya. Unit Jepang juga jatuh terhadap euro, dengan mata uang tunggal mengambil 112,16 dari 110,45 sebelumnya.

Namun, dampak awal bergerak dengan Jepang terlihat memudar sedikit oleh 0150, dengan yen naik kembali ke 78,35 terhadap dolar.

Menteri Keuangan Yoshihiko Noda menegaskan bahwa Jepang melakukan intervensi sepihak di pasar valuta asing untuk melawan apa yang ia sebut “satu sisi” dan “berlebihan” pergerakan mata uang.

“Jika bergerak terus, secara negatif dapat mempengaruhi ekonomi Jepang dan stabilitas keuangan ketika Jepang melakukan berbagai upaya untuk
merekonstruksi diri dari dampak bencana,” kata Noda wartawan, mengacu
pada gempa Maret dan tsunami.

“Oleh karena itu kami melakukan intervensi mata uang Sekarang kita akan menyaksikan pergerakan pasar erat,” tegasnya.(cna/nas)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jepang Intervensi Pasar Untuk Stabilkan Yen"