Jepang Cabut Peringatan Tsunami

1 komentar 9 views

SENDAI – Peringatan tsunami yang diumumkan usai gempa susulan berkekuatan 7,1 skala Richter yang melanda Jepang pada Senin (11/4), dicabut oleh pihak berwenang setempat.

Peringatan bahaya tsunami tersebut dicabut, setelah hanya diterapkan selama satu jam. Gempa susulan itu mengguncang bangunan dan sempat memaksa Bandara Internasional Tokyo menutup jalur landasannya. Demikian diberitakan Reuters, Senin (11/4).

Meski gempa susulan ini berkekuatan cukup besar, tidak dilaporkan adanya kerusakan berat terjadi. Sementara tidak dilaporkan pula korban terluka atau korban jiwa dalam gempa susulan ini.

Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan, pusat gempa susulan berada sekira 38 kilometer sebelah barat Kota Iwaki. Sementara pusat kedalam gempa mencapai 13 kilometer. Gempa susulan ini dikabarkan tidak menyebabkan kerusakan tambahan pada pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima

Sebelumnya Pemerintah Jepang telah mempeluas jarak zona evakuasi dari PTLN Fukushima.

Pemerintah sendiri hanya akan memperluas zona evakuasi hanya sekira 30 km di beberapa wilayah tertentu, tergantung dari arah angin, dan penduduk akan memulai evakuasi tersebut selama seminggu. (reuters/ara)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Jepang Cabut Peringatan Tsunami"