Jelang Ramadhan Sembako naik

Tidak ada komentar 5 views

Suasana Pasar Pabean

SURABAYA(suarakawan.com) – Menjelang memasuki bulan Ramadhan, harga beras dan telur mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional. Kenaikan harga berkisar Rp 1000 perkilonya dari harga sebelumnya.

Seperti  pantauan suarakawan.com, di pasar Pabean Surabaya. Harga beras kualitas baik sudah mengalami kenaikan sejak awal bulan. Menurut Mat Hari , harga yang sebelumnya Rp 7500 kini menjadi 8500. Sementara untuk kualitas sedang dari Rp 6500 naik menjadi Rp 7500. Dan untuk beras yang berkualitas rendah dari Rp 6200 naik menjadi Rp 7200. “Pokoknya itu naiknya seribu semua, Mas. Biasanya bisa turun lagi kalau setelah lebaran ketupat.”terang Mat Djito.

Memang, lanjut Mat Hari, biasanya harga beras menjelang ramadhan, dari tahun tahun sebelumnya selalu cenderung naik. Apalagi saat ini juga dipicu adanya beberapa petani di daerah yang mengalami gagal panen akibat cuaca yang tidak menentu dan berdampak pada stok beras.

Sementara selain harga beras, harga telur ayam juga mengalami kenaikan. Untuk harga telur ayam Horen juga mengalami kenaikan 1000 rupiah perkilonya sejak seminggu ini. Sebelumnya harga telur mencapai Rp 14.000 kini naik menjadi Rp 15.000 perkilonya.

Namun untuk telur kampung justru mengalami penurunan . Dari yang sebelumnya 1200 per biji kini menjadi 1000 rupiah.

Mat Hari mengatakan, kenaikan harga telur ini disebabkan permintaan yang cukup tinggi. Sebab biasanya telur digunakan pembeli untuk bahan campuran membuat kue dan roti. (bs/nas)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jelang Ramadhan Sembako naik"