Jelang Ramadhan, Harga Sembako Merangkak Naik

suasana perdagangan beras

SURABAYA (suarakawan.com) – Dua minggu sebelum puasa Ramadhan yang jatuh pada awal Agustus, harga-harga kebutuhan pokok beranjak mengalami kenaikan.

Dari pantauan suarakawan.com di Pasar Tembok, harga yang merangkak naik adalah Beras dan Telur yang dalam kurun waktu dua hari terakhir naik hingga Rp 2000. Harga beras yang sebelumnya Rp 6.000 naik menjadi Rp 8.000 dan telur dari Rp 11000 naik menjadi Rp 13.000.Sedangkan harga minyak goreng tetap stabil.

Kenaikan harga ini meresahkan Ibu-ibu rumah tangga yang bingung mengatur keuangan rumah tangganya, seperti yang dituturkan Rusmiyati (29), Ibu muda ini mengatakan anggaran belanja dapurnya membengkak akibat kenaikan ini sehingga dia harus berhemat untuk kebutuhan lainnya. Hal yang sama juga dialami oleh Suyati (52), Pedagang Nasi, dia tidak menaikan harga jualan nasinya tetapi dia mengurangi porsinya.

“Aku bingung mas, nek tak undakno sakno langganan yo terpaksa porsinya tak kurangi (Kalau harga saya naikan kasihan langganan dengan terpaksa aku kurangi porsinya,red),” tuturnya kepada suarakawan.com, Selasa pagi (19/07).

Diketahui, untuk menekan kenaikan harga sembako pemerintah melakukan operasi pasar (OP) yang sudah berjalan. Namun demikian, berbagai pihak pesimis OP bisa menekan harga barang yang selalu naik jelang Ramadhan dan Lebaran.(Jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *