Jelang Operasi Rohman & Rohim, RSU Dr Soetomo Sterilkan Ruangan

SURABAYA – Operasi pemisahan Rohman dan Rohim bayi kembar siap dempet pinggul asal Jombang di RSU Dr Soetomo Surabaya dijadwalkan pada Sabtu, 9 April 2011 mendatang.

Guna menjaga kondisi bayi pasangan Anis Mulyo dan Supinah ini tetap sehat hingga hari H operasi pemisahan, RSU Dr Soetomo telah melakukan sterilisasi ruangan Rohman dan Rohim.

Karena itu sebelum menjalani operasi keduanya diisolasi terlebih dahulu. Hal ini agar keduanya terhindar dari kuman ataupun penyakit yang dibawa oleh sembarang orang, terkecuali orang tuanya. Itu pun harus memakai pakaian khusus.

” Perawat juga dilarang masuk, kecuali perawat yang mendapat tugas saja.” terang Ketua Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu, RSU Dr Soetomo Surabaya, Dr. Agus Harianto SpA(K), kepada wartawan di Surabaya, Rabu (30/3).

Sebelumnya, suhu tabuh bayi asal Jombang ini sempat memburuk, yakni mencapai 37,5 Celcius sampai 38,9 Celcius. Namun 3 hari ini suhunya berangsur-angsur kembali normal.

Dokter Agus menambahkan, teknis operasi pemisahan Rohman dan Rohim yang melibatkan 100 orang ini diperkirakan akan berlangsung selama 20 jam dengan cara maraton.

“Ya, sesuai rencana akan melibatkan 100 orang. 50 orang dokter dan 50 orang perawat.” lanjut dokter Agus

Dokter yang menangani juga ada terdiri dari 14  spesialis di bidangnya. Diantaranya adalah  patologi anatomi, spesialisasi anak, ortopedi anak, bedah syaraf, anestesi, bedah anak, bedah urologi, bedah plastik radiolog, patologi klinik, mikrobiologi klinik, rehabilitasi medis dan forensik medikolegal.

“Namun agar semuanya berjalan normal dan lancar, sebelum oprasi kita akan melakukan gladik resi, agar berjalan lancar.” tegas dokter Agus.(bs/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *