Jelang MEA, UMKM Diingatkan Terus Berbenah

umkm

SURABAYA (suarakawan.com) – Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatim diingatkan agar tidak terlena dan terus berbenah diri.

“Satu hal lagi, jangan hanya bergantung pada Pemerintah saja,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, seperti diberitakan Kamis (19/11).

Dalam MEA nanti, pria yang akrab dipanggil Gus Ipul itu mengaku UMKM di Jatim menjadi andalan, karena membantu mengangkat perekonomian masyarakat. Karena itu, UMKM di Jatim terus melakukan inovatif guna pengembangan ‎dan kemajuan usaha.

“Karena persaingan semakin ketat, maka kerja keras dan inovatif harus terus dilakukan. Untuk pembiayaan, pemerintah akan terus mendukung. Tetapi jangan terlena, inovatif harus terus dilakukan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, pelaku UMKM di Jatim terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, produk, memperluas pasar dan jaringan baru. Serta terus berkiprah dan berinovasi mengikuti persaingan global.

“Upaya ekspor juga perlu ditingkatkan, karena dari jumlah ribuan UMKM di Jatim, hanya kurang dari 0,1 yang bisa menembus ekspor. Kemudian, untuk unit simpan pinjam koperasi, juga perlu ditingkatkan ke sektor industri,” tandasnya. (Bng/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jelang MEA, UMKM Diingatkan Terus Berbenah"