Jatim Terbesar Pembajakan Hak Cipta di Indonesia

SURABAYA (suarakawan.com) – Provinsi Jawa Timur menjadi daerah terbesar pembajakan hak cipta di Indonesia. Akibat dari pembajakan itu, negara mengalami kerugian yang sangat besar.

“Dari seluruh wilayah Indonesia, Jatim adalah daerah yang menjadi pusat pembajakan tertinggi hak cipta di Indonesia, kata Ketua Umum PAMMI, Rhoma Irama ketika ditemui ditengah berlangsungnya Munas PAMMI III di Hotel Garden Palace, Surabaya, Minggu (04/03).

Menurutnya, untuk memberantas penbajakan sampai keakar-akarnya, pihaknya tidak mungkin melakukan sendirian. Harus bekerja sama dengan aparat kepolisian. Bahkan, belum lama dia mendatangi Polda Jatim agar lebih serius mengusut tuntas kasus pembajakan hak cipta.

“14 Desember 2011, saya datang ke Polda Jatim untuk meminta polisi agar lebih serius mengusut tuntas kasus pembajakan hak cipta. Sudah saatnya pembajakan ini diberantas sampai keakar-akarnya,” jelasnya.

Selain itu, untuk melindungi hak kekayaan intelektual (HKI) dari pembajakan, pihaknya meminta kasus ini dibahas di Munas PAMMI. Sebab, kasus pembajakan hak cipta telah menimbulkan kerugian negara hingga mencapai Rp 12 Triliun.

“Jika selama satu tahun dibiarkan terus menerus, negara bisa kehilangan devisa negara hingga mencapai Rp 12 T. Pemerintah dan polisi harus serius dalam menangani pembajakan ini,” tutur musisi kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 ini. (Bng/jto)

 

Keterangan foto: Rhoma Irama geram melihat maraknya pembajakan hak cipta di Indonesia, khususnya di Jatim. (Bng)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jatim Terbesar Pembajakan Hak Cipta di Indonesia"