Jarang Hadir, Gaji Staf Ahli Selalu Cair Tiap Bulan

SURABAYA (suarakawan.com) – Untuk memperlancar kinerja para legislator di DPRD Surabaya, maka pemerintah dengan dana APBD telah menganggarkan gaji untuk staf ahli bagi masing-masing fraksi yang ada.

Namun sayang, keberadaan para staf ahli tersebut sering menjadi pertanyaan. Terlebih saat DPRD Surabaya dirundung masalah akibat tersandung kasus dugaan korupsi dana bimtek yang diduga melibatkan ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana.

Dalam pengamatan suarakawan.com, hampir tidak pernah menemui kehadiran staf ahli tersebut di gedung DPRD Surabaya. Padahal sesuai SK Mendagri no 161/4176/SJ tgl 14 oktober 2010 dan surat keputusan pengangkatan sekwan DPRD Surabaya telah tertulis jelas bahwa satf ahli adalah wajib bekerja setiap hari secara terus menerus (bersifat tetap) dalam rangka mengaktualisasi kepentingan partai di DPRD.

Sesuai SK pengangkatan dan penetapan sekwan DPRD Kota Surabaya, nama-nama yang tercantum sebagai staf ahli adalah Adi Sutarwijono,Sip untuk PDIP, H.Marmudin Halirdiwirja,SE untuk FPG, Radian Salma,SH.LLM untuk Fapkindo, Doddy Madya Judanto,SE untuk FPKB, Noven Suprayogi,SE.Msi,Ak untuk FPKS.

Namun sayang, dari sekian nama tersebut hanya satu orang staf ahli bernama Marmudin Halirdiwirja yang aktif datang dan absen setiap harinya.Sementara untuk staf ahli yang lain diduga absensinya di palsukan karena menurut Halim Kamajaya Kabag TU Sekwan DPRD Surabaya, gaji seluruh staf ahli selalu cair tiap bulan.

“Saya hanya melaksanakan tugas dan fungsi sebagai seseorang yang dipercaya sebagai staf ahli, soal kehadiran staf ahli di fraksi lain, saya tidak tahu dan tidak ingin tahu karena sudah menyangkut rumah tangga orang lain” ucap Marmudin.

Menurut pengakuan Marmudin, gaji yang diterimanya selama ini total brutonya sekita 6 juta, yang jika dipotong pajak masih sekitar 5 juta rupiah, artinya adalah sebuah imbalan yang cukup bagi seorang praktisi yang merasa siap ditunjuk sebagai staf ahli di fraksi DPRD sehingga tidak perlu bekerja di tempat lain.(aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jarang Hadir, Gaji Staf Ahli Selalu Cair Tiap Bulan"