Jamur Lumut Yang Rasanya Yahud

Tidak ada komentar 72 views

model menunjukkan jamur lumut

GRESIK (suarakawan.com) – Bagi yang tidak tahu, tumbuhan spora musiman yang tumbuh subur di musim penghujan diatas tanah yang lembab dan tanah berwarna kuning mungkin hanya terlihat seonggok lumut tak berguna.

Namun bagi masyarakat Wringinanom Gresik, sejak dahulu secara turun temurun tumbuhan yang juga dikenal sebagai jamur lumut itu sudah dikenal sebagai makanan yang tak kalah nikmat dengan jenis jamur yang lain yang sudah kerap dikonsumsi.

“Masyarakat kami sudah lama mengkonsumsi jamur lumut berwarna hijau ini sebagai campuran urap – urap,” papar Mohamad Arifin, penggiat lingkungan di desa Wringinanom, Jumat (01/07).

Saat ini, lanjut Arifin, jamur lumut yang memasaknya cukup dengan air mendidih selama 15 menit lalu didiamkan hingga mengembang sampai dingin ini bisa digunakan untuk berbagai campuran masakan mulai dari cah sayuran, tumis hingga sop.

“Rasanya juga nikmat dan kenyal seperti jamur salju yang kerap digunakan para ibu untuk masak sayur sop,” imbuhnya.

Guna meningkatkan nilai ekonomis dan mensejahterakan warga sekitar, saat ini Arifin tengah berusaha mengembangbiakkan tumbuhan tersebut. Pemasarannya, jamur lumut tersebut di keringkan dan dikemas dalam kotak dari pandan yang mampu bertahan hingga 1 tahun. Harganya pun hanya Rp 6 ribu per kotak.(nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jamur Lumut Yang Rasanya Yahud"