Jadikan Garuda Sebagai Spritualitas Untuk Maju

JAKARTA (suarakawan.com) – Ide menarik soal revitalisasi makna Pancasila kembali digulirkan. Kali ini mucul dari Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) M.  Hanif Dhakiri. Hanif mengatakan, Pancasila perlu dikembangkan menjadi spiritualitas baru bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi tantangan  dunia yang berubah cepat, baik tantangan domestik maupun internasional.

Menurut  Sekretaris FPKB DPR RI itu, Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berpotensi menjadi spiritualitas baru atau  energi gerak karena ia merupakan kristalisasi dari nilai-nilai dan  tradisi luhur bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa Indonesia.

“Menurut saya, Pancasila bisa dikembangkan menjadi spiritualitas baru, energi gerak kolektif bangsa untuk perubahan yang lebih baik. Ia kan merupakan  kristalisasi dari nilai-nilai dan tradisi luhur bangsa Indonesia,”  katanya.

Hanif menilai, dewasa ini telah terjadi gejala  pendangkalan nasionalisme di banyak tempat dan lapisan masyarakat. Mulai  dari kalangan elit hingga ke kalangan masyarakat bawah.

Ia  mencontohkan problem korupsi dan birokratisasi yang makin akut, serta memudarnya solidaritas dan toleransi sosial dalam masyarakat. Sementara,  dalam konteks global adalah kurang berdayanya bangsa Indonesia  menghadapi dominasi dan hegemoni kekuasaan asing, terutama dalam soal  penguasaan sumber daya alam nasional.(ant/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *