ITS Buka Prodi Transportasi Laut

pembukaan prodi baru ITS

SURABAYA (suarakawan.com) – Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Canada. Dengan luas perairan mencapai 2/3 dari seluruh wilayah,  ITS akan membuka jurusan prodi baru yaitu transportasi laut.

Rektor ITS, Prof Triyogi Yuwono DEA mengatakan, peranan sektor transportasi laut yang demikian besar menuntut adanya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang transportasi laut. Salah satu cara peningkatan kualitas SDM adalah melalui sektor pendidikan khususnya pendidikan tinggi.

“Program Studi ini solusi yang tepat untuk mengatasi masalah itu. Contohnya banyak terjadinya illegal fishing atau penyelundupan melalui jalur laut,” ujarnya di sela-sela Peresmian Program Studi Transportasi Laut Fakultas Teknologi Kelautan ITS, di aula BG Munaf Gedung W, FTK, Jumat (24/06).

Ketua Jurusan Transportasi Laut, Ir Tri Ahmadi PhD mengatakan, program studi ini mendidik mahasiswa untuk menguasai perencanaan dan analisis angkutan laut, multimoda, kegiatan kepelabuhan, desain konseptual kapal, dan infrastruktur kepelabuhan yang berorientasi internasional.

Program studi transportasi laut memilik tiga jenjang pendidikan yaitu S1, S2, dan S3. Pendidikan transportasi laut bersifat multidisipliner mencakup di antaranya teknik perkapalan, kepelabuhan, ekonomi, logistic, informatika dan matematika yang sesungguhnya merupakan cerminan dari dunia nyata sektor transportasi laut.

“Nanti ada tiga bidang keahlian di sini, angkutan laut atau pelayaran, kepelabuhan dan infrastruktut dan logistic maritime,” ujarnya.

Sementara untuk tenaga pengajar, memiliki kualifikasi S2 dan S3 dari berbagai Universitas ternama di Luaar Negeri seperti University of Michigan USA, University of Newcastle Rotterdam, The Netherlands, Memorial University of Newfoundland, Canada, Berlin University of Technology, Germany, dam Delft University of Technology, The Netherlands. (aca/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *