Isu Penggusuran, Resahkan Ratusan PKL Perumnas KBD

GRESIK (Suarakawan.com) – Ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang biasa menjajakan dagangannya di wilayah perumnas Kota Baru Driyorejo (KBD) mengaku resah atas rencana penggusuran secara sepihak yang akan dilakukan oleh pihak management Perumnas.

Akibatnya, selain mengalami ketidaknyamanan karena takut sewaktu-waktu digusur, ratusan PKL tersebut juga mengalami penurunan omset dari hasil dagangannya.

“Biasanya kami mampu menghabiskan dagangan, kalaupun tidak habis minimal tinggal sedikit, namun semenjak kami mendengar rencana penggusuran oleh pihak Perumnas sewaktu-waktu kami jadi ndak tentu penghasilannya mas, bahkan akhir-akhir ini sering mengalami kerugian,” ucap Sugiyono(51 th) salah satu pedagang asal driyorejo yang sehari-hari biasa berjualan siomay diperempatan jl. Raya Batu Mulia tepat didepan kantor regional IV cabang Gresik perumnas KBD.

Selain Sugiyono, Endang Mulyati juga mengalami hal serupa, Nyonya satu putra yang pernah mengikuti pelatihan administrasi dan pengelolaan keuangan usaha yang diadakan oleh salah satu BUMN beberapa tahun lalu tersebut mengaku resah. ” masak kita akan digusur hanya karena alasan mengganggu keindahan perumahan, sementara pihak perumnas tidak melakukan sosialisasi terlebih dulu , ya kalau tetap ngotot ingin menggusur kami, kita sepakat akan melawan,” tandasnya.

saat ditemui suarakawan.com ketua Serikat Pedagang Kaki Lima (SPKL) Driyorejo Bangkit, Heri Prasowo mengatakan, pihaknya akan tetap bertahan dan apabia pihak perumnas maupun pol PP Gresik ngotot ingin menggusur kami akan melakukan perlawanan.

Saat ditanya soal upaya mediasi untuk menyelesaikan persoalan ini dengan damai tanpa kekerasan, heri mengaku membuka lebar-lebar kemungkinan itu, menurutnya, mestinya pihak pengelola (management perumnas) arif dengan cara memberikan tempat relokasi yang memadai, heri menambahi bahwa perumnas masih memiliki puluhan lahan kosong, namun saat ditanyakan lahan kosong tersebut selain beberapa sudah laku dijual juga sisanya untuk fasilitas umum (fasum).

Konflik PKL dengan perumnas KBD sebenarnya merupakan kasus lama, namun belakangan memanas lagi setelah adanya rencana penggusuran sepihak oleh pihak managemen Perumahan yang dikelola oleh Real Estade Indonesia (REI) tersebut.(ika/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Isu Penggusuran, Resahkan Ratusan PKL Perumnas KBD"