Israel Ijinkan Jurnalis Liput Penghadangan

Tidak ada komentar 11 views

aktifis pembebasan Gaza

JERUSALEM (suarakawan.com) – Israel telah memerintahkan angkatan lautnya untuk menghentikan armada kapal bantuan internasional yang akan melanggar blokade laut dari Jalur Gaza. Namun demikian, Israel berjanji untuk menghindari bentrokan dengan para aktivis di kapal.

“Negara Israel akan menghentikan kedatangan armada bantuan tersebut di Gaza,” kata kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan pada Senin.

Tapi pasukan akan diperintahkan untuk melakukannya “dengan konfrontasi minim, sejauh mungkin”, katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Netanyahu menambahkan bahwa ancaman untuk menghukum wartawan asing dalam rombongan tersebut dengan melarang mereka memasuki Israel hingga 10 tahun tidak akan dilakukan.

“Ketika hal ini dibawa ke perhatian perdana menteri, ia memerintahkan agar prosedur normal diambil terhadap penyusup dan hal itu tidak akan diterapkan untuk wartawan,” kata pernyataan itu.

Netanyahu juga mengatakan ia akan mengijinkan wartawan untuk menemani kapal angkatan laut yang dikirim untuk mencegat armada untuk memungkinkan cakupan transparan dan dapat dipercaya.

Penyelenggara mengatakan bahwa antara 30 hinggga 50 jurnalis diharapkan untuk berlayar dengan armada tersebut.(afp/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Israel Ijinkan Jurnalis Liput Penghadangan"